OMBAK 3 METER, PELAYARAN MUDIK GRATIS TERTUNDA

  • Whatsapp
Sebagian pemudik yang gagal menyeberang dari Kangean

Sumenep, Maritim

TERKENDALA oleh kondisi cuaca buruk, pelayaran kapal mudik gratis dari Pulau Kangean ke Pelabuhan Kalianget, Sumenep tertunda. Edy Sucipto Petugas lalu lintas angkutan laut dan usaha kepelabuhanan KSOP Kalianget, Senin (18/06/2018) menjelaskan:”Semestinya hari ini merupakan pelayaran pertama setelah 3 hari kapal ‘off’ karena libur lebaran. Namun karena cuaca buruk. Demi keselamatan, maka pelayaran terpaksa ditunda.

Read More

Berdasar informasi dari BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, ketinggian gelombang di Perairan Pulau Kangean mencapai 2,5 meter, sedang tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur antara 1,5 – 3,0 meter, dengan kecepatan angin maksimum 26 knots (47 km/ jam) di Laut Jawa bagian timur.

“Kondisi cuaca laut seperti itu sangat membahayakan pelayaran. Karena itu, kami meminta agar pelayaran kapal mudik gratis dari Pulau Kangean ditunda hingga cuaca membaik” ujar Edy.

Berdasar data di Kantor Syahbandar Kalianget, jumlah calon penumpang kapal mudik gratis dari Pulau Kangean ke Pelabuhan Kalianget tercatat sebanyak 433 orang. Teragnya: “Jumlah itu masih dalam batas toleransi maksimal angkutan lebaran untuk kapal laut”.

Edy mengatakan, meskipun hari ini tidak ada pelayaran kapal mudik gratis, namun dipastikan tak akan mengurangi jumlah trip pelayaran yang telah dijadwalkan.

Pungkas Edy: “Kami sudah berkoordinasi dengan Dishub Provinsi Jawa Timur sebagai penyelenggara program mudk gratis. Pelayaran kapal mudik gratis tidak akan dikurangi. Kalaupun hari ini tidak berangkat, maka akan digantikan pada kkesempatan perama di hari lainnya”. ***AYU/Sub/Maritim. 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *