BANTUAN SEMBAKO UNTUK KORBAN BANJIR DI BANYUWANGI

Banyuwangi, Maritim

BADAN Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III, membantu korban bencana alam banjir bandang pada empat dusun di Desa Alasmalang, Kecamatan Singonjuruh, Kabupaten Banyuwangi, Senin (23/6) malam. Pelindo III yang mengoperasikan Pelabuhan Tanjung Wangi, bersinergi dengan Bank Mandiri mendirikan Posko BUMN Peduli di Dapur Umum Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi.

Nizar Fauzi, General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Wangi mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan pada Senin (26/6) malam itu merupakan pengiriman bantuan lanjutan dari Kantor Cabang Pelindo III di Probolinggo yang mengoperasikan Pelabuhan Tanjung Tembaga. Jelas Nizar: “Sebelumnya pada hari Minggu (24/6) malam sudah disalurkan aneka bahan makanan pokok, dalam curah maupun dikemas dalam paket. Total bantuan senilai Rp 60,5  juta,bantuan dari Kantor Cabang Pelindo III di Banyuwangi”.

Dikatakan pula, dengan kondisi pemulihan pasca-bencana banjir bandang dan penetapan status tanggap darurat oleh Pemkab Banyuwangi, dipandang bantuan yang tepat saat ini ialah bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, dan kopi berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Kemudian juga bahan untuk lauk pauk seperti daging ayam, ikan laut, dan sayuran. Selain itu untuk meringankan kondisi korban di pengungsian, Pelindo III juga memberi terpal dan selimurt, serta menambahkan dua kompor gas agar kegiatan memasak bisa lebih cepat.

Data yang tercatat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, sedikitinya terdapat 23 rumah yang mengalami rusak parah dari total 415 rumah yang terdampak banjir. Peni Handayani, Kepala Dinas Sosial Pemkab Banyuwangi yang ditemui di lokasi mengatakan: “Sedikitnya terdapat 1.300 jiwa atau 650 KK yang menjadi korban bencana ini. Dapur Umum ini merupakan salah satu bentuk tanggap darurat bencana yang disediakan untuk menyediakan konsumsi bagi korban bencana serta relawan”. ***ERICK  A.M.

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *