SOSIALISASI KONEKSI PELABUHAN GARONGKONG DENGAN K.A.

  • Whatsapp
Irjen Kemenhub (kanan) di Pelabuhanb Garongkong

Makassar, Maritim

KUNJUNGAN kerja ke Pelabuhan laut Garongkong, Sulawesi Selatan (Sulsel). Akhir pekan lalu telah dilakukan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Irjen Kemenhub) Wahju Satrio Utomo dan Inspektur IV Imam Hambali didampingi Kepala UPP Garongkong Ali Imron, Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Barru Ali Abdillah S., Kepala Balai Perkeretaapian Wil Jawa Timur Nur Setiawan, dan Kepala Seksi ASDP BPTD wilayah XIX Sulselbar Bahar Latief untuk sosialisasi dan mengedukasi pentingnya keselamatan pelayaran.

Pelabuhan Garongkong terletak di kelurahan Mangempang, Kecamatan Barru dengan posisi geografis pada koordinat 4°25’49” LS dan 119°35’00 BT. Lokasinya berjarak -+ 102 KM  arah utara dari kota Makassar yang dapat ditempuh dengan perjalanan darat -+ 2,5 jam. sedang dengan kota Pare Pare berjarak sejauh -+ 55 KM dan dapat ditempuh selama -+ 45 menit.

Jelas Irjen kepada awak media di Makassar: “Ke depan,Pelabuhan Garongkong itu akan terkoneksi dengan proyek kereta api Trans Sulawesi yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. Saat ini Pelabuhan Garongkong sudah difungsikan untuk bongkar muat logistik berupa batu bara dan semen”.

Dalam kesempatan kunjungan kerja tersebut, Irjen beserta rombongan juga melakukan eninjauan ke Pelabuhan Penyeberangan Garongkong yang lokasinya tak terlalu jauh dengan Pelabuhan laut Garongkong. Pada saat ini, Pelabuhan Penyeberangan Garongkong telah beroperasi pada hari-hari Selasa dan Jumat untuk melayani Kapal Roro KMP Awu-Awu, dengan rute batulicin – Garongkong.

Selain ke dua pelabuhan tersebut, Irjwen Kemenhub dan rombongan juga lakukan tinjauan ke Pelabuhan Laut Awerange. Memungkasi penjelasan kepada awak media, Irjen berucap: “Saya sampaikan kepada Kepala UPP setempat, agar alat-alat berat seperti forklift dirawat agar utilitinya tetap produktif, dan saranna serta prasarana keselamatan pelayaran harus diperhatikan”. ***MRT/2701.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *