GELAR PERKARA KEBAKARAN KAPAL DI BENOA

  • Whatsapp
Puing kapal nelayan yang terbakar di Benoa Bali
Puing kapal nelayan yang terbakar di Benoa Bali

Benoa, Maritim

SETELAH delapan belas hari melakukan penyelidikan kasus terbakarnya 40 kapal yang sandar di Dermaga Perikanan Pelabuhan Benoa, Bali, yang terjadi pada Senin (9/7), Penyidik Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota (Satreskrim Polresta) Denpasar, kini telah menerima hasil labfor terkait penyebab kebakaran. Namun hasilnya belum dapat menjadi bukti menentukan apakah akan dilanjutkan dari penyelidikan ke penyidikan, karena masih menunggu gelar perkara.

Read More

Kompol Wayan Arta Ariawan Kasatreskrim Polresta Denpasar Kompol menjelaskan bahwa hasil penyelidikan labfor terkait penyebab kwebakaran, sudah keluar pada 24 Juli 2018 lalu. Namun Kompol Arta belum bersedia menjelaskan secara rinci hasilnya, karena pihaknya masih mendalami dengan melaksanakan gelar perkara. Ujar mantan Kapolsek Kuta Utara ini, Kamis (26/7): “Rincian hasil labfor nanti kami sampaikan setelah gelar perkara dilakukan”.

Menurut Kompol Wayan, gelar perkara dilakukan secara internal, yang hanya dihadiri jajaran penyidik Polresta Denpasar, gelar guna memastikan apakah puluhan kapal ikan di Pelabuhan Benoa terbakar ataukah memang sengaja dibakar. Setelah gelar perkara selesai, akan ditentukan apakah dalam kasus ini ada keterlibatan tersangka. Bila ada,  penyidik akan meningkatkan status dari penyelidikan ke penyidikan.

Seperti diberitakan, terbakarnya puluhan kapal di Dermaga Barat Pelabuhan Benoa bermula dari percikan api di ruang mesin KM “Cilacap Jaya Karya” milik PT.AKFI. Tak lama berselang, kobaran api menjalar ke beberapa kapal milik PT Intimas Surya dan PT. Bandar Nelayan yang berjarak sekitar 50 meter dari KM “Cilacap Jaya Karya” dan kemudian menjalar ke puluhan kapal lainnya hingga menimbulkan kerugian yang diperkirakan sampai ratusan miliar rupiah.

Kasus kebakaran 40 kapal ikan di Pelabuhan Benoa memantik keprihatinan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, yang bersama rombongan pejabat Polda Bali langfsung datangi Pelabuhan Benoa, untuk melihat sejauh mana kebakaran tersebut terjadi. Mensikapi hal ini, Kapolda berjanji akan mengusut apakah ada unsur kesengajaan dalam peristiwa ini. Terkait hal itu, Kapolda berujar: “Dari laporan anggota dugaan awal kebakaran karena kelalaian. Tetapi kami tetap akan meneliti apakah ini peristiwa kebakaran atau pembakaran. Sudah ada beberapa orang yang kami mintai keterangan terkait hal ini”. ***ADIT/Dps/Maritim

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *