PANTAI KADONGANAN JADI KAWASAN MINA WISATA

  • Whatsapp
Pesona pantai Kadonganan menjelang matahari terbenam
Pesona pantai Kadonganan menjelang matahari terbenam

Kadonganan Badung, Maritim

SEJALAN dengan rencana penataan dan pengembangan, pantai Kedonganan akan diarahkan jadi kawasan mina wisata. Wayan Merta,  Bendesa Adat Kadonganan mengatakan bahwa lokasi yang selama ini dikenal sebagai pasar ikan dengan aktivitas para nelayan bakal ditata lebih baik dan dikelola lebih profesional. Katanya: “Kami merancang di kawasan pantai utara Kedonganan sebagai aktivitas pariwisata berbasis perikanan, yang kini telah diawali dengan pengembangan sunset cruise”.

Read More

Menurut Mertha Kadonganan sunset cruise yang akan diluncurkan pertengahan September mendatang berupa kegiatan menyaksikan keindahan panorama matahari terbenam dengan menggunakan kapal. Para wisatawan diberangkatkan dari dermaga Watununggul kemudian berlayar menyusuri pinggir laut bertebing yang eksotis di kawasan selatan selama sekitar satu jam. Sedang kawasan yang akan digunakan sebagai basis mina wisata yang kini masih terkesan kumuh akan segera dibersihkan dan ditata sesuai peruntukan kegiatanyang lebih nyaman. Selama penataan kegiatan nelayan dan pasar ikan tetap berlangsung seperti biasa.

Merta mengatakan upaya ini merupakan upaya untuk meningkatkan nilai tambah destinasi yang telah lama dikenal dan menjadi bagian dari kunjungan wisatawan.

Perencanaan tersebut termasuk mengupayakan peningkatan pasar tradisional yang ada saat ini,  menjadi pasar ikan higienis yang memiliki los dan linkungan bersih. Ia yakin jika ini terwujud akan mampu mendongkak jumlah kunjungan dan meningkatkan nilai transaksi.

Menurut Merta seluruh konsep pengembangan kawasan tersebut akan segera  disampaikan kepada bupati Badung. Jelasnya: “Saat ini, kami akan segera kerjakan hal yang mendesak ditangani yakni membangun sistem pengolahan limbah sisa ikan dari pasar ikan. Juga akan

segera kami siapkan zona parkir yang memudahkan pengunjung menempatkan kendaraan secara aman, tampakrapi, serta memperlancar arus lalu lintas. Kami juga usulkan untuk membangun lahan parkir di lantai bawah (basement) pasar. Rencana itu sudah mendapat persetujuan dari Pemkab Badung”.***ADIT/Dps/Maritim

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *