Kemenhub Mewisuda 350 Perwira Pelayaran Lulusan BP3IP Jakarta

  • Whatsapp

MARITIM JAKARTA : Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP), hari ini, Rabu 15 Agustus 2018 mewisuda  350 Perwira Pelayaran  di Balai Samudera Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kepala BPSDMP  Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc.,  mewakili Menhub Budi Karya Sumadi melantik secara simbolis perwira pelaut lulusan BP3IP Jakarta tersebut. Ini adalah Wisudawan angkatan XVII tahun 2018  Diklat Pelaut (DP) II, DP III dan DP IV.

Read More

Pelantikan secara simbolis ditandai dengan penyematan epolet  perwira dan pengalungan  samir dilakukan pada enam perwira perwakilan dari masing-masing jenis dan jenjang diklat.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala BPSDMP  Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc. Menhub meminta kepada para pelaut untuk mendukung program IMO (International Maritime Organization)  dalam menjaga lautan dari pencemaran  yang disebabkan oleh limbah kapal. Selain itu, diharapkan pelaut mendukung terciptanya transportasi laut yang efektif, efisien dan aman. Mereka juga diminta untuk terus belajar menyesuaikan kemajuan teknologi yang kini terus berkembang menuju era digitalisasi.

Sebanyak 350 perwira pelaut  dilantik dan dilepas kembali ke medan tugas  untuk berlayar ke berbagai belahan dunia sebagai perwira pelaut niaga profesional.

Direktur BP3IP Jakarta Capt. Mulder Mustafa, SE dalam laporan pendidikannya menyebutkan ada 350 perwira  pelaut niaga meliputi DP II Nautika sebanyak 70 perwira, DP II Teknika sebanyak 45 orang.

Selanjutnya DP III Nautika  sebanyak 70  orang, DP III Teknika  sebanyak 46 orang. Dan DP IV Nautika  sebanyak 81 orang dan DP IV Teknika sebanyak 38 orang.

Dikatakan Capt. Mulder, seluruh perwira BP3IP Jakarta dinyatakan lulus dan memenuhi syandard dan ketentuan  IMO.

“Mereka siap dilantik dan selanjutnya dilepas ke medan tugas berlayar berlayar sebagai perwira pelaut profesional,” tegas Capt. Mulder.(**A.Habib)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *