KUPP BAUBAU DUKUNG “SAIL BUDAYA TUA BUTON”

  • Whatsapp
Kesiagaan pengamanan Sail Buton
Kapal cepat di periran kota Baubau

Baubau Buton, Maritim

DALAM rangka melestarikan warisan budaya kesultanan Buton dan mendukung perwujudan Pulau Buton sebagai destinasi wisata, tiga Pemerintah Daerah di Buton yaitu Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan, dan Kota Baubau akan menyelenggarakan “Sail Budaya Tua Buton”.

Dengan menargetkan peserta 30-50 kapal yahct asing, Sail ini diharap memberi semangat bagi pengembangan wisata di Sulawesi Tenggara. Untuk mensukseskan kegiatan event itu tersebut, Kantor UPP Kelas I Baubau bersama unsur teknis lainnya yakni TNI AL, Polairud, dan Badan SAR Nasional akan memberi dukungan teknis secara penuh.

Kepala Kantor UPP Kelas I Baubau, Subagiyo menyampaikan, jajarannya ambil bagian dalam mendukung kegiatan sail dengan mengerahkan satu kapal Patroli Kelas III, yaitu KN. P 353 yang dinakhodai Capt. Afda. Ungkapnya di Baubau Senin (27/8/2018) lalu: “Kapal ini untuk patroli rutin dalam rangka memberikan jaminan keamanan dan keselamatan pelayaran pada rute pelayaran yang digunakan Sail Budaya Buton Tua”.

Kesiagaan pengamanan Sail Buton

Disamping patroli rutin, UPP Baubau juga menyiapkan tenaga Port State Control (PSC) untuk membantu clearance dokumen kapal, bila diperlukan. Rute pelayaran yang dilalui peserta sail adalah perairan Pasarwajo, perairan Baubau hingga Pantai Nirwana Baubau.

Tahun ini merupakan Festival Budaya Tua Buton yang keenam. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, berbagai atraksi seni dan budaya yang merupakan warisan leluhur eks Kesultanan Buton ditampilkan. Ungkapnya:“Kami bersyukur bahwa jajaran UPP Baubau melaksanakan dukungan dengan sebaik mungkin”.***LIES/Kug/Maritim

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *