SUPER CRUISE SEGERA SINGGAHI PELABUHAN BENOA

MoU rute MV Genting Hingkong ke Benoa
MoU rute MV Genting Hingkong ke Benoa

Benoa Bali, Maritim

 

DALAM agenda IMF-World Bank Annual Meetings 2018 di Bali, Kamis (11/10/2018) maka PT Pelabuhan Iondonesia III (Persero)/Pelindo III mengajak operator kapal pesiar internasional, Genting Hong Kong, untuk mengembangkan rute kunjungannya ke Indonesia di kesempatan Indonesia – Singapore Leader’s Retreat dalam agenda IMF-World Bank Annual Meetings 2018 di Bali, Kamis (11/10). Lanngkah ini ditempuh, sejalan dengan telah diselesaikannya pengerukan alur pelayaran dan kolam di depan dermaga Pelabuhan Benoa, Bali.

 

Seperti diketahui, semula operator kapal pesiar yang banyak menggarap rute wisata Asia tersebut telah membawa kapal “Genting Dream” sandar rutin di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Celukanbawang di Bali utara. Ke depannya, “Genting Hong Kong” akan melayani rute baru Singapura – Surabaya – Celukan Bawang dan Benoa. Saat sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, “Genting Dream” salah satu kapal pesiar andalan mereka, menjadi cruise terbesar yang pernah sandar di pelabuhan Indonesia.

 

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dalam keterangan resmi katakan bahwa Pelindo III berkomitmen mendukung target pemerintah untuk mencapai 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2018. Ungkap Dirut Pelindo III: “Salah satunya dengan cara proaktif berpromosi ke sejumlah operator cruise, agar meningkatkan cruise call, kunjungan kapal, dan juga membuka rute baru ke pelabuhan-pelabuhan lainnya yang menjadi gerbang laut bagi berbagai destinasi wisata di Indonesia”.

 

Dikatakan pula, Pelindo III lakukan berbagai terobosan layanan agar operator kapal pesiar memastikan kunjungan hingga 6 bulan sebelum kedatangan kapal, yakni dengan memberi prioritas sandar, serta siap memberi bantuan untuk menjamin kelancaran embarkasi dan debarkasi penumpang, hingga pendampingan pengurusan perizinan ke instansi pemerintah setempat dan instansi terkait.

 

Guna meningkatkan pelayanban bagi [enumpang, Pelindo III akan meningkatkan fasilitas sandar di terminal Pelabuhan Celukan Bawang dalam melayani cruise dengan panjang kapal (LOA/length overall) mencapai 342 meter, lebar 46,6 meter, dan draft hingga 9,2 meter. Imbuh Doso Agung: “Agar dapat bersaing dengan pelabuhan cruise lain pada industri pariwisata global, Pelindo III terus meningkatkan fasilitas pelabuhan agar dapat disandari cruise yang berkapasitas hingga lebih dari 4.000 penumpang dan kru kapal, hingga semakin besar cruise yang bisa sandar, maka akan kian banyak wisman yang datang. Karenanya diharap dapat mendorong peningkatan industri wisata di Bali utara”. ***ERICK ARHADITA

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *