KERJASAMA MOSSEL BAY AFRIKA SELATAN – DENPASAR BALI

  • Whatsapp
Pertemuan santai Walikota Mossel Bay dan Denpasar
Pertemuan santai Walikota Mossel Bay dan Denpasar

Denpasar, Maritim

 

MOSSEL Bay ternyata bukan nama orang. Tetapi sebutan uniuk Pemerintah Daerah yang tidak berada di Indonesia, tetapi di Western Cape, Afrika Selatan (Afsel). Yang lebih menarik perhatian adalah, Pemda iotu telah lakukan penandatangan kerjasama dengan Pemerintah Kota Denpasar, Bali. Kerjasama itu dimaksud untuk meningkatkan kunjungan pariwisata, perdagangan, hubungan budaya, dan kinerja sistem pemerintah masing-masing,

 

Penandatanganan kerjasama dilakukan pada Senin (15/10/2018) , sehari setelah gelaran Annual Meeting IMF-World Bank Group (WBG) 2018 di Nusa Dua, Bali, usai. Delegasi dari Afsel yang hadir ialah Menteri Keuangan Western Cape Afsel Ivan Meyer serta Walikota Mossel Bay Harry Levendel. Saat memberi sambutan pada kesempatan itu, Meyer katakan Denpasar merupakan smart city yang sangat ramah terhadap masyarakat. Hingga pihaknya pun begitu mendukung perkembangan pariwisata wilayah ini.

 

Dalam waktu dekat, Denpasar akan digandeng untuk mengadakan pameran wisata dan festival budaya agar kunjungan wisatawan ke Denpasar terutama dari Afsel makin tinggi. Budaya kedua daerah dipandang sama-sama kuat, sehingga jika dipertemukan hasilnya akan saling menguatkan.

 

Selain masalah pariwisata, pihaknya akan mendukung perdagangan antar kedua wilayah. Selama ini, Denpasar telah banyak mengekspor produk perikanan dan kerajinan ke Afsel.

Dalam waktu dekat, pelaku bisnis dari Mossel Bay akan dikirim ke Denpasar untuk pelajari lebih lanjut terkait potensi perdagangan lain yang dapat dilaksanakan bersama. Ujar Meyer:

“Setelah ini akan ada pameran pariwisata dan kunjungan delegasi perdagangan dari Mossel Bay ke Denpasar, hingga ekonomi Denpasar dan Mossel Bay akan sama-sama tumbuh”.

Menurut Meyer pihaknya juga ingin mempromosikan bisnis dan budaya masing-masing wilayah. Bisnis yang cukup berkembang di Mossel Bay yakni pertanian, konstruksi, dan perikanan. Dikatakan pula, berbagi pengetahuan mengenai sistem pemerintahan juga menjadi poin lain yang akan dilakukan dalam kerja sama tersebut. Mossel Bay diklaim sebagai daerah dengan pengaturan keuangan yang terbaik di Western Cape. Sementara itu, Denpasar dinilai memiliki sistem layanan yang baik untuk masyarakat dengan menghadirkan sejumlah teknologi berbasis IT. Meyer mengharapkan dua pemerintah daerah ini bisa saling bertukar pikiran untuk meningkatkan kinerja sistem pemerintahan. Ditargetkan kerjasama ini dapat dilakukan secepatnya.

Memungkasi paparan, Meyer berucap: “Kami sangat serius dan mengejar waktu,.Saya lihat 20 tahun lalu semua orang tertarik dengan barat dan sekarang semua orang memandang ke Timur. Berdasar apa yang kita lakukan ini kita berkomitmen untuk melayani masyarakat dunia”.***ADIT/Dps/Maritim

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *