SUMENEP PUNYA KAPAL BARU YANG TAHAN OMBAK

  • Whatsapp

Sumenep, Maritim

 

ARMADA kapal baru bernama lambung “Darma Bahari Sumekar (DBS) III” yang kedepan akan ditugaskan melayani angkutan penumpang dan barang ke sejumlah wilayah kepulauan di Kabupaten Sumenep, diluncurkan Rabu (31/10/2018) di Pelabuhan Kalianget. Ungkap Kepala Dinas Perhubungan Sumenep Sustono: “Kapal DBS III ini akan ditugasi melayani rute ke Pulau Kangean, Sapeken, dan Masalembu”.

 

DBS III kapal ketiga yang dimiliki Pemkab Sumenep ini akan dikelola oleh salah satu BUMD PT Sumekar, dibangun dengan anggaran Rp 39 milyar, berasal dari APBD Provinsi Jawa Timur dan APBD Kabupaten Sumenep.

 

Jelas Sustono lebih jauh: “Selama ini PT Sumekar telah mengelola dua kapal yakni “DBS I” dan “DBS II” yang lebih dulu beroperasi dengan rute Kalianget – Kangean”.

 

Dijelaskan, kapal baru tersebut mempunyai beberapa kelebihan dibanding kapal-kapal sebelumnya. Diantaranya lebih tahan terhadap guncangan ombak, karena memiliki pemecah ombak.

 

Memungkasi penjelasan, Sustono berucap: “Kapal ini mampu menampung minimal 300 orang penumpang, kemudian mengangkut barang dengan berat mencapai 75 ton. Selain itu, kapal DBS III ini bisa memuat minimal 10 unit kendaraan roda empat. Kapal ini juga mampu melaju dengan kecepatan 15-20 knot perjam”. ***AYU/Sub/Maritim

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *