RAMP CHECK PESAWAT TERBANG DI BANDARA NGURAH RAI

  • Whatsapp
Pemeriksaan berkala pesawat terbang di Bandara Ngurah Rai Bali
Pemeriksaan berkala pesawat terbang di Bandara Ngurah Rai Bali

Badung Bali, Maritim

 

DENGAN tujuan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan, Kantor Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV, pada Minggu (4/11/2018) lalu telah melakukan ramp check terhadap sejumlah pesawat terbang yang berada di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Tuban Kabupaten Badung, Bali. Kepala Kantor Otban Wilayah IV Herson menuturkan bahwa pemeriksaan kelayakan terhadap pesawat untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

 

Otban Wilayah IV menepis anggapan bahwa pemeriksaan dilakukan terkait dengan jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP di perairan sekitar Karawang. Jelas Herson: “Sebenarnya, secara berkala pemeriksaan ramp check dilakukan periodik seminggu sekali. Tetapi apabila dinilai perlu, setiap saat tertentu Posko Otban IV yang terdapat di Ngurah Rai dapat diturunkan”.

 

Dijelaskan, pemeriksaan terhadap setiap pesawat terbang, hanya berlangsung sekitar 15-20 menit, saat pesawat berada di apron. Prioritas pemeriksaan adalah dari sisi administrasi hingga validasi terhadap kru dan pilot. Selain itu, evaluasi data sebelum penerbangan hingga pengecekan teknis seperti mesin pesawat.

 

Herson menyatakan semua data hasil pengecekan selama di darat akan disesuaikan dengan data yang dimiliki pilot saat pesawat terbang. Dia tak ungkapkan total pesawat yang dicek kelayakannya sebelum terbang. Hanya ditegaskan pemeriksaan kelayakan dilakukan sejak pagi hingga sore.

 

“Ramp check ini tak ditujukan kepada semua pesawat terbang, tetapi dengan cara acak atau random. Untuk itu, lebih dulu kami informasikan ke maskapai penerbangan, bahwa ramp check akan kami lakukan terhadap pesawat di ground handling. Untuk itu kami akan minta waktu cek 15-20 menit. Hasil ramp check sementara, pesawat yang diperiksa dalam kondisi normal dan tidak ada masalah serta laik terbang” pungkas Herson.***MRT/2701

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *