TS RAIH DESAIN TERBAIK KONTES KAPAL CEPAT

  • Whatsapp
Tim Barunastra ITS usai menerima sertifikat dan tropi
Tim Barunastra ITS usai menerima sertifikat dan tropi

Surabaya, Maritim

SEPERTI diberitakan maritim.com  (Rabu, 14/11/2018) kemarin, dalam kontes perencanaan kapal cepat tanpa awak tahun ini, Tim Barunastra UTS mengikutsertakan desain karya para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan keyakinan untuk menang.

Perjuangan Tim ITS dalam ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018 telah usai, Senin (19/11/2018) malam.Pada gGelaran yang telah diprakarsai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sejak dua tahun silam tersebut  menghantarkan Tim Barunastra ITS meraih predikat Best Design (Desain Terbaik) pada kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV) yang dilaksakan dengan mengambil tempat di Kampus Politeknik Negeri Madura.

Dalam perbincangan dengan awak media Steven Caramoy Ketua Tim Barunastra ITS katakan timnya memanfaatkan jatah waktu pada trial bebas di hari pertama sebaik mungkin, guna mengoptimalkan kapal “Nala Evo Mark III” dalam race hari kedua lomb. Ujarnya Selasa (20/11/2018) kemarin: “Kami fokus pada adaptasi kapal di lintasan, terutama melakukan kalibrasi warna bola yang jadi lintasan pada race”.

Menurutnya, dalam tiga kali kesempatan, hanya satu kali kesempatan “Nala Evo Mark III” berhasil mencapai finish. Karena itu, anggota tim terus melakukan perbaikan dalam sistem dan komponen pada kapal. Kapal “Nala Evo Mark III” dapat nomor urut ke-7 saat melakukan race untuk kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV), di mana race dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB. Namun dalam waktu 15 menit yang diberikan panitia, kapal mengalami kendala teknis yang membutuhkan waktu troubleshooting cukup lama. Sehingga, kapal hanya dapat mencapai dua pertiga lintasan.

Hal tersebut ternyata tidak membuat Tim Barunastra ITS menyerah pada keadaan. Jelas Steven Mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan ITS tersebut: “Kami manfaatkan waktu tersisa untuk mempersiapkan penilaian Desain Terbaik. Untuk mendapat nilai itu, kami bersama seluruh tim melakukan persiapan dari malam hingga pagi hari”.

Perjuangan mereka ternyata tak sia-sia, Kapal “Nala Evo Mark III” dinobatkan sebagai kapal dengan Desain Terbaik kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV) pada Kompetisi Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN). Pungkas Steven: “Dengan prestasi ini, perjuangan Tim Barunastra ITS tidak berhenti sampai di sini. Kami akan terus melakukan evaluasi dan berbenah untuk mempersiapkan kompetisi berikutnya”.***AYU/Sub/Maritim 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *