Pelindo II Teluk Bayur & Politeknik Pelayaran Sumbar Sinergi Kembangkan SDM

  • Whatsapp

PADANG-MARITIM: PT.Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II/IPC cabang Teluk Bayur – Sumatera Barat melakukan sinergi dengan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat menuju sekolah pelayaran terpilih di Indonesia.

Read More

General Manager Pelindo II Teluk Bayur, Armen Amir mengatakan, sinergi itu dilatarbelakangi alasan, yakni; telah hadir kampus besar dengan fasilitas terbaik untuk pengajaran ilmu pelayaran di daerah Tiram pariaman Sumatera Barat.

Selain itu, kampus dikelola oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan, serta tersedia tenaga pengajar kwalifikasi tinggi.

Kemudian, tersedia fasilitas Pelabuhan di Teluk Bayur sebagai tempat praktikum bagi siswa sekolah, tersedia para praktisi kemaritiman (pelayaran, logistik, pelabuhan, angkutan, galangan) yang siap mendukung kwalitasmateri pengajaran.

“Juga telah ada dukungan dari Pemerintah Daerah setempat,”kata Armen, Kamis (13/12/2018).

Sebagai tindak lanjut pogram itu,pada hari ini, 13 Desember 2018 telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT Pelindo II cabang Teluk Bayur dengan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, yang turut Acara penandatanganan Nota Kesepahaman ini juga akan disaksikan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Acara penandatanganan Nota Kesepahaman ini juga akan disaksikan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, disaksikan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Tujuan MoU yaitu, pengembangan SDM di bidang Transportasi Laut yang memuat Program Aksi untuk mewujudkan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat menuju Sekolah Pelayaran Terpilih di Indonesia.

Armen mengungkapkan, sebagai aksi lanjutan dari MoU itu, menjadikan Pelabuhan Teluk Bayur sebagai laboratorium untuk tempat praktek para siswa sekolah Pelayaran, penyedian tenaga pengajar dibidang manajemen dan teknis, yakni, operasional kepelabuhanan, keuangan kepelabuhanan, hukum kepelabuhanan,teknik kepelabuhanan, pemasaran kepelabuhannan.

Selain itu, sumber daya manusia kepelabuhanan, pengamanan dan keselamatan fasilitas kepelabuhanan,keterampilan untuk penggunaan peralatan pelabuhan, teknologi informasi pelabuhan, perawatan fasilitas pelabuhan, penanganan claim dan asuransi.

“Disamping Program Aksi dimaksud, dengan hadirnya sekolah pelayaran terbaik di sumatera barat ini, maka setiap alumni dari sekolah ini berkesempatan selanjutnya untuk bekerja dilingkungan PT Pelindo II baik di Cabang Pelabuhan Teluk Bayur maupun di unit usaha PT Pelindo II (persero) lainya,”tandasnya.(Akhmad Mabrori)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *