BCA Syariah Peduli: Ibu CerDaS Kunci Keluarga Sejahtera

  • Whatsapp
Peserta Ibu CerDaS, BCA Syariah
Peserta Ibu CerDaS, BCA Syariah
JAKARTA – MARITIM : Perempuan punya peranan penting dalam mengelola dan mengatur keuangan keluarga. Dalam hal ini,  kemampuan perempuan dalam hal ini,  para ibu yang mengelola keuangan dengan bijak,  berdampak positif bagi keuangan keluarga.
Itu sebabnya,  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadikan Perempuan sebagai prioritas sasaran edukasi dan literasi keuangan di tahun 2019. Dan Bank Central Asia (BCA), melanjutkan program edukasi pengelolaan keuangan usaha dan keluarga,  kepada ibu rumah tangga yang juga memiliki usaha mikro melalui kegiatan Ruang Ibu CerDaS (Cermat Dinamis Sejahtera) dengan tema “Cara Mudah Atur Uang”, di Kantor Pusat BCA Syariah, Jakarta (18/12).
Kegiatan ini, merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Syariah Peduli khususnya pilar Peduli Sejahtera yang fokus pada upaya peningkatan perekonomian masyarakat kecil terutama pelaku UMKM.
Maksudnya, untuk meningkatkan pengetahuan ibu rumah tangga dalam pengelolaan keuangan secara cermat dan bijak, serta memberikan motivasi untuk selalu berkembang demi meningkatkan kesejahteraan keluarga. Tidak hanya itu, BCA Syariah juga mengajak para ibu rumah tangga untuk mengenal produk-produk perbankan syariah,  sebagai instrumen untuk pendukung usaha dan kesejahteraan keluarga.
Direktur Kepatuhan BCA Syariah Tantri Indrawati mengatakan,melalui kegiatan ini pihaknya berharap, kaum perempuan terutama ibu rumah tangga bisa menjadi penggerak untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, lebih akrab dengan Bank dan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk menggunakan produk-produk perbankan.
Dikatakan,  bentuk kepedulian BCA Syariah terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, ditunjukkan dalam berbagai bentuk, diantaranya berupa pelatihan keuangan dan bisnis, dan penyaluran zakat bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat untuk program pemberdayaan perekonomian masyarakat, contohnya penyaluran zakat kepada kampung  nelayan di daerah Situbondo Jawa Timur untuk pengembangan budidaya ikan kerapu.
Pada kesempatan kali ini,  peserta Ibu CerDaS,  sebanyak 26 ibu rumah tangga, berusia rata-rata 30 – 40 tahunan, berdomisili di wilayah Jatinegara dan sekitarnya mengikuti kegiatan ini.
 Latar belakang pendidikan peserta rata-rata mulai dari Sekolah Menengah Atas hingga Sarjana. Peserta Ruang Ibu CerDaS merupakan pengusaha mikro dengan ragam jenis usaha rumahan mulai dari warung makanan, warung kelontong, catering, penjual pakaian hingga pengusaha bisnis online. (Rabiatun)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *