NTT Tambah 3 Pelabuhan Ternak Antar Pulau Lintas Provinsi

  • Whatsapp
Pengaturan ternak sapi jelang pengapalan
Pengaturan ternak sapi jelang pengapalan

KUPANG NTT – MARITIM : Dalam rangka mempermudah aktivtias pengangkutan ternak untuk tujuan antarpulau ke luar provinsi, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) menambah tiga pelabuhan di daerah setempat.

Dani Suhadi Kepala Dinas Peternakan NTT pada Selasa 15 Januari lalu menjelaskan, tiga pelabuhan itu yakni, Pelabuhan Atapupu di Kabupaten Belu, Pelabuhan Marapokot di Kabupaten Nagekeo dan Pelabuhan Ba’a di Rote Ndao.

Sebelumnya, pengangkutan ternak antarpulau menggunakan tiga pelabuhan yakni di Pelabuhan Tenau Kota Kupang, Wini di Kabupaten Belu, dan Waingapu di Kabupaten Sumba Timur.

Menurut Kadisnak NTT, Pemerintah provinsi setempat menargetkan kuota jumlah sapi yang dikirim dalam tahun 2019 ini mencapai sebanyak 69.650 ekor.

“Kami berharap adanya tambahan pelabuhan untuk pengangkutan ini akan membuat aktivitas pengiriman jadi lebih mudah dan cepat karena setiap pulau besar di NTT sudah terwakili,”katanya.

Menurutnya, apabila dalam perjalanan, jumlah permintaan yang masuk melebihi kuota maka jumlah pelabuhan asal pengiriman akan ditambahkan kembali. Biasanya kuota ditambah pada pertengahan tahun. Di tahun 2018 lalu, NTT telah mengantarpulaukan ternak sapi sebanyak 68.404 ekor.

Jumlah tersebut di antaranya 950 ekor dikirim dalam bentuk daging, sementara yang lainnya dalam bentuk ternak sapi dalam kondisi hidup.

Puluhan ribu ekor sapi itu, dikirim ke Jakarta mencapai 50%, dan 50% laiinnya dikirim ke Kalimantan, dan sedikit ke Sulawesi.

Aktivitas pengiriman ternak ini didukung dengan lima unit kapal khusus pengangkut ternak. (Lies/KTI/Maritim)

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *