Pelni Akan Angkut Kebutuhan Logistik Batubara PLN

  • Whatsapp

JAKARTA – MARITIM : Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pelayaran PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) memulai tahun 2019 bekerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) guna mengangkut komoditi batubara serta angkutan barang lain untuk kebutuhan proyek milik perusahaan setrum tersebut. Pelni mengklaim pengangkutan batubara PLN jadi titik kebangkitannya melayani angkutan barang curah, ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pengangkutan logistik yang dilakukan oleh kedua pihak.

Read More

Harry Boediarto, Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Pelni, mengatakan bahwa angkutan batu bara dan logistik PLN merupakan upaya Pelni mengembangkan bisnis dari angkutan penumpang bertambah angkutan penugasan dan angkutan barang sebagai angkutan non Public Service Obligation (PSO).

Diharap ke depan pendapatan Pelni bukan hanya dari PSO namun akan terdapat kontribusi dari pendapatan non PSO. Ungkap Harry: “Tanda tangan MoU ini menjadi momen penting transformasi bisnis dari angkutan penumpang ke angkutan barang. Pada awal berdirinya Pelni lebih menekuni bisnis angkutan barang, menggunakan armada yang kala itu dikenal dengan sebutan ‘kapal hitam’. Tetapi seiring kebijakan pemerintah, Pelni difokuskan untuk melayani angkutan penumpang antar pulau sebagai penugasan, pelayanan publik yang dibiayai berdasar skema PSO”.

Keberadaan infrastruktur bandara di beberapa wilayah mendorong meningkatnya angkutan udara dengan hadirnya penerbangan berbiaya murah, Low Cost Carrier (LCC), berimbas ke pelanggan kapal Pelni yang menurun rerata 7% per tahun. Pada tahun 2012 tercatat 4,82 juta pelanggan, dan pada 2018 pelanggan Pelni merosot 3,62 juta pelanggan. Imbuh Harry: “Kondisi tersebut mendorong perseroan berusaha memaksimalkan kompetensi sumberdaya Pelni untuk mencari pelanggan baru, khususnya angkutan barang”.

Pada tahap awal, Pelni menyiapkan kapal angkutan curah agar dapat menyuplai bahan baku batubara untuk kebutuhan listrik PLN di berbagai wilayah. Bermodal pengalaman melayari seluruh perairan Nusantara, PT Pelni siap mengangkut batubara dan angkutan logistik lain. Ke depan, kami berharap dapat jadi bagian proses bisnis PLN, dalam memenuhi kebutuhan listrik di seluruh tanah air. Pungkasnya: “Kami berharap sinergi PLN-Pelni dapat berlanjut saling memenuhi kebutuhan dan dapat manfaat bersama”. (Mrt 2701)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *