Bank Mandiri Syariah Siap Jual Sukuk Tabungan 003

  • Whatsapp
Senior Executive Vice Presiden (SEVP) Distribution and Service, Anton Sukarna (tengah) saat media briefing
Senior Executive Vice Presiden (SEVP) Distribution and Service, Anton Sukarna (tengah) saat media briefing

JAKARTA — MARITIM : Menyasar generasi milenial, Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) siap jual Sukuk Tabungan seri ST-003 dan mulai ditawarkan tanggak 1-20 Februari 2019.

Dalam media briefing di kawasan Menteng, Rabu (30/1),Senior Executive Vice Presiden (SEVP) Distribution and Service, Anton Sukarna mengatakan, dengan kehadiran produk Sukuk yang diterbitkan pemerintah, ST-003 menambah variasi produk perbankan syariah, khususnya Mandiri Syariah. Maksudnya, ST-003 merupakan instrumen keuangan potensial bagi masyarakat karena diterbitkan oleh pemerintah. Bagi Mandiri Syariah, produk ini menjadi gerbang untuk menarik nasabah baru serta menyediakan diversifikasi produk kepada nasabah eksisting

Read More

Lebih lanjut, Anton mengatakan Sukuk Tabungan (ST) berbeda dengan Sukuk Ritel (SR). ST-003 tidak dapat diperdagangkan (non tradable) dan dialihkan serta memiliki fasilitas early redemption.

Nasabah dapat membuat SID dan SRE tersebut melalui Netbanking Mandiri Syariah. Kemudian SID dan SRE nasabah akan diinformasikan melalui email. Setelah itu nasabah dapat melakukan pemesanan lebih lanjut melalui Netbanking.

Lebih lanjut, Anton mengatakan Sukuk Tabungan (ST) berbeda dengan Sukuk Ritel (SR). ST-003 tidak dapat diperdagangkan (non tradable) dan dialihkan serta memiliki fasilitas early redemption.

“Nasabah bisa mencairkan dana kepemilikan lebih awal setelah satu tahun, tapi hanya maksimal 50 persen,” kata dia.

Anton menambahkan ST-003 merupakan instrumen keuangan potensial bagi masyarakat karena diterbitkan oleh pemerintah. Bagi Mandiri Syariah, produk ini menjadi gerbang untuk menarik nasabah baru serta menyediakan diversifikasi produk kepada nasabah eksisting.

Setidaknya kata Anton, nasabah atau calon nasabah Mandiri Syariah, punya pilihan untuk berinvestasi. Apalagi ST-003 merupakan investasi dengan tenor dua tahun dan dapat dimiliki hanya dengan Rp 1 juta per unit. Minimal pemesanan Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

“Kupon ST-003 akan disampaikan pemerintah sebelum masa penawaran pada 31 Januari,”imbuhnya.

Menurut Anton, pemesanan dan transaksi ST-003 dilakukan secara online melalui sistem e-SBN Kementerian Keuangan. Dalam hal ini nasabah Mandiri Syariah kini dapat melakukan pemesanan ST-003 melalui layanan Mandiri Syariah Netbanking. Kini sistem internet banking Mandiri Syariah, telah terhubung dengan sistem pemerintah.

Namun kata Anton, sebelum melakukan pemesanan, nasabah harus memiliki Single Investor Identity (SID) dan Sub Rekening Efek (SRE).

Nasabah dapat membuat SID dan SRE , melalui Netbanking Mandiri Syariah. Kemudian SID dan SRE nasabah akan diinformasikan melalui email. Setelah itu nasabah dapat melakukan pemesanan lebih lanjut melalui Netbanking. Disinilah letak perbedaan ST-003 , dengan Sukuk ritel pemerintah sebelumnya. Juga SukukRitel (SR). ST-003 tidak dapat diperdagangkan (non tradable) dan dialihkan serta memiliki fasilitas early redemption.(Rabiatun)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *