Terminal MAL Siapkan Auto Gate System Layanan Peti Kemas

  • Whatsapp

JAKARTA: Pengelola Terminal Peti Kemas Ekspor Impor Mustika Alam Lestari (MAL) dikawasan pelabuhan Tanjung Priok menyiapkan layanan pintu otomatis atau auto gate system peti kemas.

President Director PT.MAL, Paul Krisnadi mengungkapkan, pihaknya menargetkan layanan fasilitas auto gate system di terminal yang dikelolanya itu dapat berjalan pada tahun ini juga.

“Sekarang ini fasilitas tersebut sedang dibangun. Sebenarnya Terminal MAL sudah siap untuk melakukan itu sejak tahun 2010. Tetapi baru diprogramkan oleh Bea dan Cukai dan Terminal 3 Priok menjelang akhir tahun 2018,”ujar Paul, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Pelabuhan Tanjung Priok mengungkapkan, hingga kini sudah enam TPS yang mengimplementasi auto gate system secara penuh pada fasilitas tempat penimbunan sementara (TPS) di pelabuhan tersibuk di Indonesia itu.

Dwi Teguh Wibowo, Kepala KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok Jakarta, mengatakan keenam fasilitas TPS itu yakni; TPS Jakarta International Container Terminal (JICT), New Priok Container Terminal One (NPCT-1), TPS Graha Segara, TPS TPK Koja, TPS Buana Amanah Karya, dan TPS Agung Raya.

Sedangkan yang telah dilakukan uji coba implementasi autogate system/layanan pintu otomatis peti kemas tersebut yakni; TPS Primanata dan TPS Indonesia Air & Marine Supply (Airin).

“Adapun fasilitas TPS yang lainnya sedang dalam penyiapan implementasi autogate system itu, dan progresnya kini rata-rata sudah mencapai 80 persen. Termasuk di TPS Terminal 3 Priok dan Mustika Alam Lestari,”ujarnya.

Dwi Teguh mengatakan, penyiapaan autogate system pada fasilitas TPS membutuhkan perencanaan yang matang karena menyangkut investasi sistem digital dari masing-masing TPS agar bisa terkoneksi dengan sistem TPS online yang ada di Bea dan Cukai.

Karenanya, seluruh pengelola fasilitas di wilayah pabean pelabuhan Priok agar mengimplementasikan sistemĀ itu untuk percepatan pelayanan penerimaan dan pengeluaran peti kemas di pelabuhan.(akhmad)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *