Petugas KPLP, Harus Miliki Keterampilan Boarding Officer

  • Whatsapp
Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad, saat membuka pelatihan Boarding Officer, Senin (18/3)
Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad, saat membuka pelatihan Boarding Officer, Senin (18/3)

JAKARTA – MARITIM : Boarding Officer, bentuk keterampilan yang sangat bermanfaat dan cocok untuk awak kapal. Ini berisikan tentang teknik-teknik untuk menghindari , dan melumpuhkan lawan saat melakukan operasi di perairan, dalam situasi dan kondisi apapun.

Demikian Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad saat membuka acara Pembentukan Keterampilan Petugas Pemeriksa Kapal dalam Penegakan Peraturan di Bidang Keselamatan dan Keamanan Pelayaran (Boarding Officer) , Senin (18/3).

Read More

Dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum di laut, personil KPLP harus cekatan, profesional serta menguasai aturan-aturan yang berlaku dalam dunia maritim.

Karenanya, kata Ahmad,
Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memiliki tanggungjawab , menyelenggarakan pelatihan Boarding Officer . Tujuannya, membentuk SDM KPLP yang selalu siap siaga, dan terampil dalam menghadapi situasi, kondisi serta ancaman yang kerap terjadi baik di laut, pantai maupun di pelabuhan.

Ia menegaskan, Pemerintah memiliki komitmen untuk menjamin pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran yang mutlak ditegakkan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Komitmen Kementerian Perhubungan , akan menjamin pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim,” ujarnya

Dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum di laut, personil KPLP harus cekatan, profesional serta menguasai aturan-aturan yang berlaku dalam dunia maritim. Mereka juga, harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan khusus yang dapat membantu dalam menjalankan tugas operasi di perairan dan menghadapi ancaman.

“Komitmen Kementerian Perhubungan adalah akan menjamin pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” ujarnya.

Ahmad berharap, dengan adanya pelatihan Boarding Officer ini, para peserta bisa menjadi personil KPLP yang selalu siap siaga, terampil, berjiwa korsa, berani bertindak dan bertanggung jawab.

“Ke depan setelah mengikuti pelatihan Boarding Officer ini, para personil KPLP dan awak kapal negara harus bisa lebih baik lagi dalam mengemban tugasnya di unit kesatuannya masing-masing,” tutur Ahmad.

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 24 peserta yang yang berasal dari perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia dan berlangsung dari tanggal 18 s.d 22 Maret 2019 di Hotel Swiss Belin Kemayoran Jakarta. (Rabiatun)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *