Marine Inspector Ditjen Hubla Periksa Kelaiklautan Kapal Cepat di Pelabuhan Boom Baru

Tim Marine Inspector Ditjen Hubla Periksa Kapal Cepat
    Tim Marine Inspector Ditjen Hubla Periksa Kapal Cepat

PALEMBANG — MARITIM :
Untuk menjamin keselamatan pelayaran, pemilik kapal harus memiliki SOP serta alat-alat keselamatan yang memadai , dan dalam kondisi baik serta mudah dijangkau oleh penumpang bila terjadi proses evakuasi.

Demikian Capt. Sidrotul Muntaha, Kasubdit Keselamatan Kapal, pemimpin Tim Marine Inspector yang diturunkan oleh Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Hubla melakukan pemeriksaan terhadap kapal cepat yang ada di Pelabuhan Boom Baru Palembang , Kamis sore(16/5), dan kapal RoRo di Pelabuhan Tanjung Api-Api.

Read More

 

Dikatakan, perlengkapan yang disediakan harus melebihi jumlah penumpang. Seperti jumlah life jacket yang tersedia harus melebihi jumlah kapasitas penumpang, sekoci harus diikat dengan baik, dan alat pemadam kebakaran juga harus berfungsi dan berada di tempat yang mudah dijangkau.

Sidrotul menjelaskan,selain melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat-surat dan dokumen kapal, pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap prosedur serta alat-alat penunjang keselamatan pelayaran yang terdapat dalam kapal berkapasitas 351 orang penumpang ini.

Dikatakan, pada kesempatan ini, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap satu unit kapal cepat yang sedang sandar di Pelabuhan Boom Baru, yaitu Kapal Express Bahari 2C dengan rute Palembang-Muntok (PP),” ungkap Sidrotul Muntaha

Sidro menambahkan, pada pemeriksaan kali ini pihaknya tidak menemukan temuan major, hanya sedikit penyesuaian dan penambahan yang harus dilakukan oleh pemilik kapal.

“Saya lihat, SOP mereka sudah cukup baik. Sudah ada video petunjuk keselamatan yang diputar pada awal pelayaran dan alat-alat keselamatan juga sudah cukup lengkap,” ujar Sidro.

Yang harus ditambahkan, imbuh Sidro, antara lain adalah jalur evakuasi supaya penumpang tidak terpaku pada satu jalur evakuasi apabila terjadi musibah sehingga dapat meningkatkan keselamatan pelayaran.(Rabiatun)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *