3 BUMN Kirim Puluhan Siswa Berprestasi Kepulauan Riau Ke Kalimantan Utara

Peserta SMN 2019 bersama Plt Gubernur Kepri, GM Pelindo 1 Tanjung Pinang, Arief Indra Perdana, dan Perwakilan Airnav Indonesia, Persero Batam, Perwakilan Danlantamal IV dan Diknas.

TANJUNGPINANG – MARITIM : PT Pelabuhan Indonesia I ( Persero ) atau Pelindo 1 bersama Airnav Indonesia dan PT Persero Batam mengirimkan 23 orang siswa SMA/SMK  berprestasi asal Provinsi Kepulauan Riau ke Tarakan, Kalimantan Utara melalui Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2019, pada Selasa, 13 Agustus 2019. Sebelumnya telah dilaksanakan pembekalan kepada 23 orang siswa/i ini  untuk mengikuti Program SMN di Kalimantan Utara, pada hari Senin tanggal 12 Agustus 2019 bertempat di Kantor Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang.

Program SMN ini merupakan program pertukaran pelajar yang menjadi bagian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, dan difasilitasi oleh BUMN yang ada di Indonesia, dimana diberikan kesempatan kepada pelajar terpilih SMU/SMK/SLB kelas XI pada setiap provinsi, dan mereka dikirimkan ke provinsi lainnya selama satu minggu, agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi lain. Program SMN ini sudah dilakukan sejak 2015 dan akan menjadi agenda tahunan BUMN seluruh Indonesia. Untuk tahun 2019 ini, Pelindo 1 mendapatkan wilayah Provinsi Kepulauan Riau bersama 1 bersama Airnav Indonesia dan PT Persero Batam.

Para peserta Program SMN asal Kepulauan Riau ini dilepas langsung oleh Plt. Gubernur Kepulauan Riau Isdianto dan dihadiri oleh General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang Arif Indra Perdana, Manager CSR Airnav Indonesia Hermawansyah, dan Manager SDM & Umum PT. Persero Batam Dadan Supardan, serta Perwakilan Danlantamal IV Tanjungpinang beserta Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau.

Plt. Gubernur Kepulauan Riau Isdianto, menyematkan tanda peserta SMN kepada salah satu siswa

“Program ini bertujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara. Melalui pertukaran informasi dan pengalaman secara langsung, para siswa diharapkan dapat lebih memahami berbagai karakteristik budaya bangsa. Kami berharap bahwa dengan program ini, para peserta juga dapat memperkenalkan kebudayaan Tanjungpinang kepada masyarakat luas, agar Tanjungpinang ini juga semakin dikenal di luar,” Plt. Gubernur Kepulauan Riau Isdianto.

Sementara itu, acara pembekalan Program SMN asal Kepulauan Riau yang digelar sehari sebelumnya dihadiri oleh VP Kesekretariatan Pelindo 1 Widya Gustanto, Manager CSR Airnav Indonesia Hermawansyah, dan Manager SDM & Umum PT. Persero Batam Dadan Supardan yang memaparkan kinerja masing-masing BUMN di hadapan para peserta SMN dari Provinsi Kepulauan Riau. Selain itu, para peserta juga dibekali dengan pelatihan jurnalistik dan media sosial untuk mendukung kegiatan mereka selama menjalani program SMN di Kalimantan Utara.

VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami mengatakan bahwa para siswa/i yang diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Utara, akan berada disana selama seminggu.

“Untuk siswa Provinsi Kepulauan Riau sendiri kami berikan juga asuransi selama perjalanan mereka ke Kalimantan Utara. Sementara itu, pada tanggal 14 Agustus 2019 nanti, Pelindo 1, Airnav Indonesia, dan PT Persero Batam juga akan menerima pelajar dari Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan pertukaran pelajar ini akan berlangsung pada tanggal 14 hingga 21 Agustus 2019, disana mereka akan saling mengenal keanekaragamaan budaya maupun alam provinsi tersebut,” ujar Fiona.

Para siswa ini merupakan siswa kelas XI yang terdiri dari 21 orang siswa SMA/SMK dan 2 orang siswa penyandang disabilitas. Mereka dipilih berdasarkan performa akademik yang baik dan aktif berorganisasi, namun berasal dari keluarga kurang mampu. Selain 23 siswa, rombongan juga didampingi oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Guru prestasi dari Provinsi Kepulauan Riau. (Abd. Habib)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *