Pelni Siap Layani Rute Nunukan-Surabaya

Salah satu kapal Pelni yang siap melayani rute ke luar Jawa

SURABAYA – MARITIM : Maskapai angkutan laut penumpang (dan juga barang termasuk petikemas) PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) sebagai national flag carrier, menyatakan siap melayani rute Nunukan Kalimantan Utara – Surabaya, Jawa Timur, jika Pemkab Nunukan mengajukan opsi ke pemerintah pusat.

Nurdin, Kepala Operasi PT Pelni Cabang Nunukan menyatakan sebelumnya memang sudah pernah terdapat armada yang dialokasikan untuk rute Nunukan-Surabaya yakni KM ‘Egon’. Namun, kapal ini kemudian ditarik dari penugasan ke rute tersebut karena ternyata mengalami kerugian yang membebani perusahaan. Selama beroperasi, kapal tersebut sering kekurangan penumpang, hingga dianggap belum mampu mengatasi biaya opetasional. Oleh karena itu, Nurdin menegaskan kembali bahwa penambahan armada menjadi kewenangan pemerintah daerah yang memohon ke Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan

Dia menambahkan solusi layanan Nunukan–Surabaya bagi masyarakat menggunakan sarana angkutan laut dengan tarif yang sangat terjangkau dapat diajukan di tengah kenaikan harga tiket pesawat udara akhir-akhir ini. Ujar Nurdin beberapa hari lalu: “Sebenarnya patut ada armada yang melayani jalur pelayaran dari Nunukan ke Pulau Jawa. Karena adanya kenaikan tarif pesawat. Hanya saja menjadi kewenangan pemerintah daerah yang mengajukan permohonan kepada Dirjen Hubla. Bila memang ada permintaan armada dari pemda ke pemerintah pusat, PT Pelni selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan dapat jalankan layanan transportasi itu. Sebab, pengadaan armada rute Nunukan-Pulau Jawa sudah sangat mendesak sesuai keinginan masyarakat di Kaltara”.  (Ayu/Sub/Maritim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *