Wakil Presiden Jusuf Kalla, Hindari Musibah : Transportasi Harus Punya Perencanaan dan Penguasaan Teknologi

Wapres Jusuf Kalla didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menggunting pita pembukaan pameran Indotrans Expo 2019, di Jakarta Convention Center, Jumat (13/9)

JAKARTA — MARITIM : Sebagai negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dengan jumlah penduduk yang cukup besar, sarana transportasi menjadi tulang punggung, pemersatu bangsa. Artinya kita semua bisa bersatu dan menjalankan kehidupan , baik ekonomi, sosial, politik bila memiliki sistem transportasi yang baik.

Demikian Wakil Presiden Jusuf Kalla, sesaat sebelum membuka pameran Indotrans Expo 2019, di Jakarta Convention Center, Senayan, Jumat (13/9).

Wapres Jusuf Kalla mengaku, sarana dan
sistem transportasi di tanah air sudah lengkap mulai darat, laut ,udara. Ini harus betul-betul direncanakan dengan keahlian yang baik. Mengingat semua sistem ada peranannya, mulai dari pemerintah, BUMN, swasta
hingga koperasi.

Begitu juga dengan alat transportasi, lanjut Jusuf Kalla, semua ada mulai dari bus, mobil, Kereta Api, pesawat, kapal laut, dan Ferry. “Begitu besarnya peran transportasi dalam menyatukan bangsa,”tutur Wapres Jusuf Kalla, seraya menambahkan, dengan transportasi bisa mengubah image bangsa ini.

Untuk itu ia mengingatkan,
kader perhubungan dari berbagai pendidikan dan akademi , masing-masing punya peranan dan tanggung jawab besar. Disini dibutuhkan keahlian, karena semua sistem penuh bauran teknologi yang besar. Seperti yang diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, akan meningkatkan runway 3, dengan kapasitas kemampuan per jam 100 penerbangan, yang sebelumnya 80 penerbangan.

Artinya lanjut Wapres Jusuf Kalla, tanpa keahlian, kemampuan skill yang baik. Ini bisa menjadi musibah besar, seperti tabrakan pesawat dan lainnya, apabila frekuensi besar dikelola skill kurang.” Belum lagi keinginan kita kelola apa yg dikelola singapura. Gimana bisa kelola sistem transportasi udara secara baik, kalau kita tidak menguasai teknologinya,”ujar Wapres Jusuf Kalla.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meminta kepada hadirin untuk sama-sama mendoakan dan mengenang jasa besar Presiden ke-3 Indonesia almarhum BJ Habibie , yang telah berjasa mengembangkan transportasi di Indonesia. Seperti Pesawat Udara dan Kereta Api. Begitu banyak jasa beliau bagi bangsa Indonesia, khususnya perkembangan industri transportasi kereta api dan pesawat. “Saya mengutip satu di antara quote beliau, Dimana pun engkau berada teruslah menjadi yang terbaik dari yang telah kau berikan,”tutur Budi Karya.

Dijelaskan, kutipan BJ Habibie tersebut jadi semangat dan tauladan bagi insan Perhubungan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi bangsa Indonesia, tanpa peduli usia dan dimana pun berada.

“Bacharuddin Jusuf Habibie dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia itu, telah berkontribusi dalam kemajuan transportasi . Khususnya dalam inovasi bidang penerbangan,”tutur Menteri Budi Karya.

Indotrans Expo 2019, pameran transportasi ini digelar selama tiga hari (13-15) September 2019. Expo ini untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019, utang mengambil tema “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nya Insan Perhubungan Indonesia Unggul, Indonesia Maju”. Selama tiga hari ini, ditargetkan pengunjung yang hadir 30.000 orang. (Rabiatun)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *