Bappenas Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Seusai melaut, para nelayan menepikan perahunya

JAKARTA – MARITIM : Kendati banyak fihak yang kurang memahami tugas-tugas yang diembannya, tetapi lebih banyak lagi mereka yang menilai institusi ini merupakan think-tank yang berperan dalam pembangunan nasional. Karena itu, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang berperan sebagai koordinator dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) di Indonesia, akan fokus pada isu kesejahteraan nelayan.

Bambang P.S. Brodjonegoro Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas menyatakan dalam SDGs Annual Conference 2019 pihaknya mengangkat tema “Sustainable Ocean for Improving Prosperity and Reducing Inequality”. Untuk itu, Bappenas hadirkan para pemangku kepentingan pencapaian TPB/SDGs, pada tataran nasional maupun internasional.

Secara terinci, Menteri PPN menyebut bahwa SDGs Festival 2019 mengedukasi tentang hal-hal penting dalam menjaga ekosistem kelautan, mulai pelestarian biota laut, pemberdayaan masyarakat pesisir, pengembangan pariwisata, hingga pengelolaan sampah laut. Ungkapnya pada saat pembukaan SDGs Festival 2019, Sabtu (5/10/2019): “Acara ini merupakan wujud nyata komitmen dan pengakuan Pemerintah Indonesia terhadap keterlibatan pemuda sebagai mitra yang setara untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia”.

Acara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan edutainment, antara lain talkshowstand-up comedy, pementasan Abang None DKI Jakarta, pertunjukan tari, Ikrar Pemuda SDGs 2019, Pecha Kucha, dan festival musik. Di sela SDGs Festival 2019, juga diumumkan pemenang kompetisi poster, komik, dan vlog dengan tema “Lestari Lautku”, kompetisi yang diikuti anak muda dari seluruh penjuru Indonesia.

Menteri Bambang sangat menyadari pentingnya kontribusi kelompok pemuda dalam rangka mencapai target-target SDGs di Indonesia. Dalam rangka mengapresiasi peran kaum muda sekaligus menegaskan komitmen pelaksanaan SDGs, Bappenas memimpin pengambilan Ikrar Pemuda SDGs 2019 pada hari kedua pelaksanaan SDGs Festival 2019. Ungkap Menteri: “Ikrar Pemuda SDGs 2019 diharap dapat menciptakan aksi positif bagi pencapaian SDGs dan memastikan makna pentingnya keterlibatan pemuda dalam pelaksanaan SDGs di tingkat daerah dan nasional”.

Dalam SDGs Festival 2019, diselenggarakan dua talkshow dengan tema “Deep Dive to the Facts of Our Ocean” di hari pertama yang membahas cara merawat ekosistem laut beserta manfaatnya, dan membahas mengenai pentingnya laut sebagai tanggung jawab bersama dengan narasumber Madhina Nur Muthia Suryadi (Top 5 Miss Scuba Internasional 2017), Ucie Weiland Yusuf (Muara Gembongku), dan Dinni Septianingrum (Co-founder Seasoldier).

Selanjutnya, juga diselenggarakan gelar talkshow mengusung tema “Action for Sustainable Ocean” yang membahas pengelolaan limbah domestik dan cara menikmati sekaligus juga menjaga laut, bersama Jessica Halim (Co-founder Demi Bumi), Anavaliza Atmadja (Miss Scuba 2019), Agustinus Gusti Nugroho “Nugie” (Artis/Aktivis Lingkungan), dan Hamish Daud Wyllie (Penggagas Indonesia Ocean Pride). Kedua talkshow ini dipandu pegiat media sosial Pangeran Siahaan.

Lebih jauh, Menteri Bappenas menyatakan bahwa SDGs Festival 2019 juga mengedukasi generasi muda untuk bijak dalam mengelola sampah, dengan mengajak para pengunjung untuk mengikuti proses pemilahan sampah yang terkumpul pada sebelum, saat, maupun setelah acara yang segera didaur ulang secara optimal dengan mengimplementasikan konsep zero waste to landfill.

Memungkasi penjelasannya, Menteri Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro menyatakan Bappenas merangkul generasi muda melalui SDGs Festival 2019 dengan mengusung tema “Sustainable Life for Our Ocean”. SDGs Festival 2019 merupakan acara pembuka dari rangkaian pertemuan tahunan SDGs Annual Conference 2019 yang dilaksanakan Selasa-Rabu, 8-9 Oktober 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta.   (Mrt/2701)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *