Kawasan Industri Kendal Dilengkapi Dermaga Multipurpose

Dermaga Multipurpose Pelabuhan Kendal.
Dermaga Multipurpose Pelabuhan Kendal.

KENDAL JATENG – MARITIM : Dengan ditandai penyandaran pertama kapal tongkang TK ‘Nusantara V’ serta TB ‘DKU Dwitya’ pada Rabu pekan lalu, Pelabuhan Kendal, di Jawa Tengah, mulai pengoperasikan Dermaga Multipurpose sepanjang 218 meter. Mirna Annisa, Bupati Kendal menyatakan pengoperasian dermaga baru itu akan mendorong tercapainya 7% pertumbuhan ekonomi di Jateng.

Melalui rilis media Kamis (17/10/2019) lalu, dijelaskan: “Saya harap dengan beroperasinya dermaga ini, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jateng sebagaimana amanat Presiden RI bahwa pertumbuhan ekonomi Jateng harus mencapai 7%”.

Read More

Berdasar keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP.432 Tahun 2017 tentang Rencana Induk Pelabuhan Kendal merupakan pelabuhan pengumpan regional. Adapun, dermaga multipurpose yang dibangun sejak 2011 hingga 2017 ini mempunyai jalan sepanjang 132 m x 10 m, serta akses jalan menuju dermaga 22 m x 10 m.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran & Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid mengatakan bahwa dermaga multipurpose Pelabuhan Kendal dapat jadi alternatif aktivitas bongkat muat kapal yang selama ini hanya dilakukan di Pelabuhan Tanjung Emas. Ujar Wahid: “Kami menyambut baik beroperasinya dermaga multipurpose Pelabuhan Kendal pada hari ini dengan harapan pelabuhan Kendal dapat jadi alternatif aktivitas pelayaran termasuk kegiatan bongkar muat kapal yang selama ini dilakukan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang”.  (Uti/Smr/Maritim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *