Ptk Turut Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Kelurahan Randakari, Ciwandan, Banten

  • Whatsapp

BANTEN – MARITIM : Sebagai salah satu Anak Perusahaan PT Pertamina (persero) yang bergerak dalam bidangusaha Pelayaran dan JasaMaritim. PT Pertamina Trans Kontinental(PTK) mempunyai 4 (empat) Anak Perusahaan, yaitu PT Peteka Karya Tirta, PT Peteka Karya Samudra, PT Peteka Karya Gapura, PT Peteka Karya Jaladan 1 (satu) Joven, yaitu PT Trans Yeong Maritime.

Read More

PTK dalam menjalankan kegiatan usahanya selalu berusaha untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar kantor ataupun wilayah operasinya. Sebagaiwujud nyata kepedulian Perusahaan kepada masyarakat PTK melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) yang salah satunya dilaksanakan di Kelurahan Randakari pada tanggal 25 Oktober 2019. Kegiatan CSR tersebut bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan memberikan pengetahuan dan pelatihan bagaimana cara mengelola sampah dan juga pelatihan bercocok tanam, diharapkan dengan kegiatan tersebut pengetahuan masyarakat dapat meningkat sehingga masyarakat lebih berdaya dan lebih kreatif, inovatif dalam memanfaatkan barang-barang bekas dan mengetahui cara bercocok tanam yang baik sehingga dapat memberikan manfaat danmeningkatkan ekonomi masyarakat.

Kegiatan CSR yang dilaksanakan merupakan keberlanjutan dari CSR  tahun 2018, dimana Tahun 2018 PTK sudah membangun Saung Kreatif, sebagai sarana ataupun tempat berkumpul warga dan juga merupakan pusat pelatihan bagi warga masyarakat di Kelurahan Randakari, Ciwandan, Banten. Selain itu juga sebelumnya telah diberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai Pengelolaan Sampah Kering (sampah plastik) yaitu memanfaatkan sedotan bekas sebagai bahan baku pembuatan bunga plastik, dan pemanfaatan sampah bungkus kopi yang dibuat menjadi dompet.

Dari hasil pelatihan bercocok tanam sayuran Terong, Cabe, Kangkung, danLabu yang dilakukan tahun 2018 yang diberikan kepada 2 (dua) kelompok wanita tani telah membuahkan hasil yaitu berhasil melakukan panen pertama sayuran kangkung dan buah mentimun pada bulan Januari dan Pebruari 2019.

Untuk lebih meningkatkan pengetahuan bercocok tanam Kelompok Wanita Tani (KWT) pada kegiatan CSR kali ini PTK memberikan pelatihan bercocok tanam semangka dan Melon. Selain itu PTK juga memberikan bantuan untuk perbaikan / pembenahan Saung Kreatif, perbaikan pagar bamboo serta pembuatan rak tanaman dan pembuatan kolam kecil untuk ternak Lele. Semoga dengan pemberian bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi warga masyarakat Kelurahan Randakari, Ciwandan, Banten. (Humas PTK/A. Habib-Mrtm)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *