Menparekraf Komit Jadikan MotoGP Event Paling Bergengsi

Menteri dan Wakil Menparekraf mengami maket KEK Mandalika

MANDALIKA, NTB – MARITIM : Wishnutama Kusubandio Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), serta Wakil Menteri Angela Herliani Tanoesoedibjo, didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), khususnya progres pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika di Lombok, Rabu (27/11/2019) lalu.

Seusai kunjungan keliling, di depan undangan dan awak media, Menparekraf menyatakan komitmennya untuk menjadikan gelaran lomba MotoGP tahun 2021 di Mandalika jadi event paling bergengsi di Indonesia, bahkan jadi yang terbaik dari yang pernah ada di dunia. Ujar Menteri milenial yang memulai kariernya sebagai jurnalis itu: “Lomba Sepeda Motor Grand Prix yang akan diselenggarakan di KEK Mandalika ono akan jadi event MotoGP yang terbaik yang pernah ada, Insya Allah”.

Untuk menyambut perhelatan MotoGP 2021 dan mempercepat kemajuan pembangunan pariwisata yang dipicu KEK Mandalika, Kemenparekraf dan pemerintah daerah akan terus bersinergi untuk bagaimana terus meningkatkan infrastruktur. Terkait pembangunan Pariwisata Mandalika, Menparekraf mengingatkan bahwa destinasi pariwisata itu harus punya dampak langsung kepada masyarakat sekitar, khususnya di sektor ekonomi kreatif.

Libatkan Masyarakat

 Untuk itu, Menteri mengingatkan kepada manajemen Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), agar kemajuan pembangunan industri pariwisata di Kawasan Mandalika, harus punya dampak terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan job creation. Seperti kuliner, fashion, kriya, bahkan nanti videografi, fotografi, wedding planner, dan lainnya.

Menparekraf Wishnmutama juga berharap pada saat kawasan KEK Mandalika sudah jadi, infrastruktur pendukung jadi, maka akan banyak event-event yang akan diselenggarakan di Mandalika, seperti wedding, MICE, meeting, exhibition, yang diharap banyak melibatkan masyarakat di NTB, khususnya masyarakat sekitar agar tak hanya jadi penonton.

Menteri Wishnutama juga mengingatkan bahwa  tujuan dari pembangunan yang diusahakan seperti sekarang ini, harus punya dampak lapangan pekerjaan, job creation. Menurutnya hal itulah yang paling penting, sehingga akhirnya akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih jauh, Menparekraf menyatakan: “Jangan sampai pembangunan infrastruktur itu tidak dirasakan oleh masyarakat di daerah tersebut. Pembangunan yang kita usahakan seperti sekarang ini harus punya dampak lapangan pekerjaan, job creation, itu yang penting, nah itu baru akhirnya menjadi kesejahteraan buat masyarakat”.

Rombongan Menparekraf di KEK Mandalika, Kuta, NTB

 

Tingkatkan Konektivitas

Saat menyaksikan keindahan pantai Kuta Mandalika, Menparekraf Wishnutama tegaskan,  masyarakat setempat harus terlibat terdampak dari pembangunan, dan berdampak ke pada perekonomian masyarakat setempat.

Ujar Menteri: “Pembangunan yang kita usahakan seperti sekarang ini harus mampu membuka lapangan pekerjaan, job creation. Hal itu yang penting, karena baru akhirnya meningkatkan kesejahteraan buat masyarakat”.

Sebelumnya, Menparekraf sangat terpesona dengan keindahan alam Pantai Kuta yang berada di KEK  Mandalika Lombok.

Ungkap Menteri Wishnutama saat meninjau kawasan KEK Mandalika: “Kuta Mandalika jelas memiliki portensai ungulan, berupa pemandangan yang sangat indah, dan di sini pokoknya luar biasa. Saat ini kita hanya perlu meningkatkan trafik dan konektivitas agar para wisatawan mencanegara maupun wisatawan domestik lebih banyak berkunjung ke Lombok, sebagai obyek wisata prioritas”. (Erick Arhadita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *