Awal 2020 Ujicoba Transportasi Darat Langsung Kupang-Dili

Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

KUPANG NTT – MARITIM : Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Pemerintah Timor Leste bersepakat untuk membuka akses transportasi darat yang menghubungkan secara langsung Kupang dengan Dili. Menurut Isyak Nuka Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT kepada awak media di Kupang, Senin (16/12/2019), kesepakatan itu direcanakan akan diujicoba mulai pekan ketiga Januari 2020.

Dikemukakan hal itu berkaitan dengan rencana pembukaan akses transportasi darat yang menghubungkan dua wilayah yang berbatasan darat tersebut. Selama ini, masyarakat NTT yang hendak ke Dili harus turun di pos lintas batas. Mereka harus mengganti angkutan untuk melanjutkan perjalanan ke Dili, Timor Leste dan sebaliknya. Jelas Isyak Nuka: “Kami baru kembali dari Dili untuk membahas rencana angkutan bus antarnegara. Kami sudah sepakat bahwa nantinya akan ada bus antarnegara yang melayani penumpang umum dari Kupang langsung ke Dili dan sebaliknya. Dengan adanya bus antarnegara yang langsung dari Kupang-Dili dan Dili-Kupang, masyarakat tak perlu lagi turun di pos lintas batas untuk cari bus pengganti seperti yang terjadi selama ini, tetapi cukup dengan bus yang sama untuk dapat langsung meneruskan perjalanan ke tujuan”.

Pungkas Isyak Nuka: “Dengan adanya akses transportasi darat langsung menghubungkan kedua wilayah, akan memudahkan warga di kedua wilayah negara tetangga ini untuk saling kunjung- mengunjungi, dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kedua wilayah yang dimasa lalu pernah sama-sama hidup dalam satu negara”.  (Lies/Kug/Maritim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *