Kapal ‘Westerdam’Bingung Ditolak Singgahi Sejumlah Negara

HONGKONG – MARITIM : Nestapa lain sebagai dampak sebaran virus corona, juga dialami Kapal pesiar ‘Westerdam’ dengan 2.000 penumpang yang mencoba terus mencari pelabuhan tujuan setelah ditolak merapat di sejumlah negara.

Kapal tidak memiliki konfirmasi atau dugaan kasus corona, tetapi karena dia menyinggahi Hong Kong akhir bulan lalu, kapal tersebut mengalami penolakan untuk menyinggahi sejumlah pelabuhan.Seperti diketahui Hong Kong berada di bawah karantina dan tunduk pada batasan perjalanan.

Otoritas kesehatan di Filipina, Jepang, Guam dan (sekarang) Thailand telah menolak untuk mengizinkan Westerdam menurunkan penumpang di wilayah mereka.Presiden Filipina Rodrigo Duterte kemarin untuk sementara melarang para pelancong dari Cina, Hong Kong dan Makau turun di negara itu setelah negara itu mencatat kematian pertama dari coronavirus di luar Tiongkok.

Kapal pesiar Holland America, ‘Westerdam’ tersebut, meninggalkan Hong Kong pada hari Sabtu setelah tinggal enam jam, tetapi sekitar 24 jam dalam perjalanannya ke Manila, kapten kapal mengumumkan bahwa mereka tidak akan diizinkan masuk ke Filipina. Pada hari Selasa, menteri kesehatan masyarakat Thailand Anutin Charnvirakul mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal itu – yang diperkirakan akhirnya melakukan panggilan pelabuhan di Chon Buri Kamis ini – juga tak akan diizinkan di negara itu.  (RX/Maritim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *