Munas ke-2 Segera Digelar, Gemilang Tarigan Siap “Kemudikan” Kembali APTRINDO

Gemilang Tarigan (tengah-batik) dan Felix D.L (kiri) dan sejumlah pengurus DPP APTRINDO saat jumpa pers (Jum’at, 28-2-2020)

Menyusul berakhirnya masa kepengurusan pusat Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) periode 2015-2020, maka organisasi itu bakal menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 pada  5-6 Maret 2020 di Jakarta. Salah satu agendanya adalah memilih kembali kepengurusan baru untuk periode 2020-2025.

Gemilang Tarigan, Dirut PT Bena Mulia Karina, yang saat ini masih menjabat  Ketua Umum menyatakan kesiapannya untuk “Kemudikan”  kembali Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) selama 5 tahun ke depan.

Pernyataan Kesiapan  disampaikannya pada acara jumpa pers di kantor DPP Aptrindo, hari ini, Jum’at  (28/2/2020) bersama sejumlah pengurus dan Panitia Munas Ke-2.

“Jadi, Saya menyatakan kesiapan memimpin kembali Aptrindo untuk periode lima tahun kedepan,” ujarnya kepada wartawan.

Salah satu tugas yang hendak dituntaskan pada kepemimpinan mendatang antara lain, terbentuknya DPD (Dewan Pengurus Daerah) seluruh propinsi di Indonesia. Saat ini Aptrindo memiliki 22 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di provinsi Indonesia dam 12 DPC.

Felix Daniel Lawalata Ketua Pelaksana Munas ke 2 Aptrindo, mengatakan, Pelaksanaan Munas ke 2 Aptrindo pada 5-6 Maret 2020 itu juga akan diisi kegiatan Seminar di sela-sela GAIKINDO

Untuk calon ketua umum, pihaknya telah membuka pendaftaran bagi anggota .“Sampai hari ini, baru inchumbent yang menyerahkan kesiapannya secara administratif ke panitia,” ujar Felix.

Munas ke 2 Aptrindo tersebut mengambil tema ‘Pemanfaatan Teknologi Untuk Meningkatkan Daya Saing Moda Transportasi Jalan Yang Efektif dan Efisien’.

Ditambahkan Felix, Munas ke 2 Aptrindo tahun ini diperkirakan bakal diramaikan 110 suara pemilih yang berasal dari 22 Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) lantaran masing-masing DPD memiliki 5 hak suara.

Sedangkan Ketua Panitia Pengarah Munas ke 2 Aptrindo, Tata Wahyudin, dalam keterangan tertulisnya  menyampaikan maksud dan tujuan Munas yakni; Pertama, penyusunan dan penetapan program kerja organisasi untuk periode 2020-2025. Kedua, memilih dan menetapkan seorang Ketua Umum sebagai Ketua Formatur dan 4 orang anggota Formatur.

Ketiga, memilih dan menetapkan Dewan Pengurus Pusat periode 2020-2025. Keempat, menyusun rekomendasi kepada para pemangku kepentingan terkait upaya-upaya pemanfaatan tehnologi dalam rangka memperlancar moda transportasi jalan menggunakan angkutan truk dalam tata kelola logistik dan rantai pasok secara efektif dan efisien.

Program Prioritas

Gemilang Tarigan mengatakan, jika memimpin Aptrindo untuk lima tahun memdatang, dirinya mengusung empat program prioritas, yakni; Pertama, menambah kepengurusan hingga 34 Dewan Pimpinan Daerah (34) yang saat ini baru mencapai 22 DPD.

Kedua, melakukan digitalisasi usaha trucking seluruh Indonesia termasuk menyempurnakan data seluruh anggota Aptrindo. Termasuk mendorong Sistem Informasi dan Registrasi Truk Nasional (SiRetna).

Ketiga, tetap berkomitmen pada program zero over dimension dan over load (ODOL) truk logistik dengan mengusung tagline Zero ODOL, Zero Pungli dan Zero 4.0 yang saling berkaitan.

Keempat, terus menjadikan organisasi Aptrindo sebagai mitra strategis stakeholders maupun pemerintah. Kelima, membawa organisasi lebih berperan strategis dan berdaya saing nasional maupun internasional. (A.Hbb)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *