Pelindo 1 Dukung UMKM Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Mitra Binaan Pelindo 1 di Provinsi Aceh

(Dukung keberlangsungan mitra binaan di masa Pandemi Covid-19, Pelindo 1 juga bekerjasama dan turut libatkan UMKM dalam penyediaan barang  bantuan sosial di empat provinsi, wilayah operasional Pelindo1)

Mitra Binaan Pelindo 1 di Provinsi Aceh

 PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 secara rutin dan berkesinambungan terus menyalurkan dana program kemitraan  dan pembinaan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Selama masa Pandemi Covid-19 ini, Pelindo 1 juga bekerjasama dengan mitra binaan di seluruh cabang wilayah Pelindo 1 untuk menyediakan kebutuhan program bantuan sosial  yang dilakukan oleh Pelindo 1, diantaranya  seperti menyediakan masker, handsanitizer, Alat Pelindung Diri(APD) , dan sembako serta kebutuhan lainnya yang selanjutnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan terdampak covid-19.

Read More

“Dalam mendukung keberlangsungan usaha UMKM   di masa pandemi covid-19 ini, salah satu yang dilakukan Pelindo 1  adalah melibatkan UMKM binaan dalam penyediaan bantuan sosial  yang diselenggarakan Pelindo 1. Selain itu,  penyaluran dana tetap digulirkan  dan  Pelindo 1 juga secara aktif  membantu  memperkuat kompetensi pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan-pelatihan online kewirausahaan, branding secara online dan juga bagaimana bisa memasarkan produknya baik offline maupun online dengan maksimal terutama di masa pandemi  covid-19 ini” jelas VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

Sebagai BUMN, Pelindo 1 senantiasa terus menjalankan program-program yang mendukung kemandirian ekonomi salah satunya program kemitraan ini. Program Kemitraan dan pembinaan  UMKM ini  telah dimulai sejak tahun 1991 dan hingga saat ini, Pelindo 1 memiliki 1.323 mitra binaan  yang tersebar  di seluruh wilayah kerja Pelindo 1  di empat provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau.

“Program tersebut berupa pemberian bantuan pinjaman permodalan kepada setiap UMKM yang dinilai layak, dan program pembinaan berupa pelatihan kepada UMKM,  mengoptimalkan  kompetensi bidang usaha yang mereka tekuni. Program ini merupakan salah satu bentuk dukungan Pelindo 1 untuk mewujudkan kemandirian ekonomi di tengah-tengah masyarakat,” tambah Fiona.

Pelindo 1 turut libatkan UMKM binaan untuk keberlangsungan usaha mereka dalam penyediaan APD, Handsanitizer, Masker, dan sembako serta jenis lainnya untuk kebutuhan bansos Pelindo 1

Total realisasi anggaran yang telah disalurkan kepada UMKM  selama tahun 2019 sebesar Rp. 17,1 Miliar. Sementara untuk tahun 2020 hingga bulan Mei, anggaran program kemitraan yang telah disalurkan sebesar Rp. 2,4 Miliar. Para mitra binaan ini berasal dari berbagai sektor seperti sektor perdagangan, jasa, industri, pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan.

Syarat yang ditetapkan bagi para pelaku UMKM yang ingin ikut serta dalam program kemitraan Pelindo 1 cukup mudah, yaitu UMKM tersebut memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan, surat kuasa agunan/jaminan, Surat Izin Usaha atau keterangan lurah, fotokopi KTP dan KK, foto tempat usaha, dan denah lokasi usaha. Selanjutnya tim dari Pelindo 1 akan melakukan evaluasi terhadap pengajuan proposal dan melakukan survey ke lokasi usaha calon mitra.

Nilai pinjaman permodalan yang bisa didapatkan oleh calon mitra binaan senilai maksimal Rp200 juta, dengan jangka waktu pinjaman paling lama 3 tahun. “Para mitra binaan ini di berikan masa tenggang selama 3 bulan pertama sejak pinjaman diberikan, kemudian bulan ke-4 baru mulai membayar cicilan,” jelas VP Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pelindo 1, Fatimah Zuhra.

Bagi pelaku UMKM yang berminat mengikuti program kemitraan Pelindo 1, dapat menghubungi Kantor Cabang Pelindo 1 yang terdekat dengan lokasi usaha masing-masing. Alamat cabang Pelindo 1 dapat dilihat di website www.pelindo1.co.id. (Hbb-Mrtm/Humas Pelindo I)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *