PT Airin Logistik, Sabet 2 Penghargaan CSR Award 2020

  • Whatsapp

JAKARTA, MARITIM – Komitmen dan kerja keras membuahkan hasil. Manajemen dan PT Indonesia Air & Marine Supply (Airin) Logistik berhasil menyabet dua kategori penghargaaan dalam ajang Governance, Risk & Compliance (GRC) & Performance Excellence Award 2020 dan TOP CSR Awards 2020, yang dilaksanakan pada 29 Juli 2020.

Pada kesempatan itu, PT Airin meraih penghargaan Top CSR Award 2020, sedangkan Dirut PT Airin, Rudolf Valintino menerima penghargaan Top Leader on CSR Commitmen 2020.

Read More

PT Airin Logistik merupakan anak usaha BUMN yang memiliki kegiatan bisnis antara lain; sebagai penyedia fasilitas tempat penimbunan sementara (TPS), pergudangan dan layanan logistik terpadu di Pelabuhan Tanjung Priok, pusat logistik berikat (PLB) dan pengelola dermaga khusus di Kabil Batam.

Dirut PT Airin, Rudolf Valintino mengatakan, sebagai anak usaha BUMN, perseroan berkomitmen menjalankan Good Corporate Governance (GCG), maupun Manajemen Resiko dan Manajemen Kepatuhan dalam pengelolaan perseroan.

“Alhamdulillah melalui penghargaan ini semoga dapat meningkatkan motiviasi kami selaku manajemen dan seluruh karyawan PT Airin untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada customer, mitra kerja dan menjalin harmonisasi dengan seluruh stakeholders,” ujar Rudolf melalui keterangan pers perseroan, pada Jumat (31/7/2020)

Rudolf yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Tempat Penimbunan Sementara Indonesia (Aptesindo) dan Pengurus Kadin itu juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh jajaran Manajemen dan Karyawan PT Airin yang telah berkontribusi menyukseskan program-program CSR Perseroan kepada masyarakat.

“Dalam menjalankan aktivitas perseroan, kami telah menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, manajemen risiko yang andal dan patuh terhadap ketentuan yang berlaku,” ucap Rudolf.

GRC & Performance Excellence Award 2020 merupakan ajang apresiasi di bidang Tata Kelola Perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG), Manajemen Resiko dan Manajemen Kepatuhan yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia.

Sedangkan TOP CSR Awards 2020 merupakan ajang pemberian Penghargaan bidang CSR yang terbesar dan paling bergengsi di Indonesia, yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan terkemuka, diselenggarakan oleh majalah Top Business, yang bekerjasama dengan beberapa Asosiasi dan Konsultan CSR.

 

Kriteria Penilaian

Ketua penyenggara TOP CSR Awards 2020, Moh Lutfi Handayani, yang juga Pemimpin Redaksi majalah Top Business, dalam siaran persnya menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 120 perusahaan finalis (dari 200 perusahaan), dan meningkat dari tahun sebelumnya yang sebanyak 72 Finalis (dari 150 perusahaan).

Lutfi menegaskan, bahwa kegiatan tahunan TOP CSR Awards ini, tidak hanya sekedar ajang pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ PKBL/ Community Development yang efektif dan berkualitas saja.

Namun juga sebagai sarana pembelajaran Bersama bagi para peserta, untuk meningkatkan kualitas program CSR dalam mendukung bisnis yang berkelanjutan. Dalam Wawancanra Penjurian, Dewan Juri memberikan masukan dan saran-saran perbaikan kepada para peserta, untuk peningkatan kualitas CSR perusahaan ke depan.

Achmad Daniri, selaku Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards 2020, menjelaskan bahwa proses penilaian dan penentuan pemenang, dilakukan secara obyektif dan independen. Kriteria utama penilaian dalam Top CSR Awards mengacu pada 3 hal: Pertama, Tingkat adopsi CSR Perusahaan terhadap ISO 26000 Social Responsibility; Kedua, Keselarasan Program CSR Strategi Bisnis perusahaan, dan Ketiga, Bagaimana prinsip-prinsip GCG melandasi pelaksanaan program-program CSR perusahaan.

“Oleh karenanya, dalam kegiatan TOP CSR Awards 2020 ini, kategori penghargaan diklasifikasikan dalam bentuk level bintang/ star, yakni Bintang 1 (Terendah) – Bintang 5 (Tertinggi),” ujarnya.

Kegiatan TOP CSR Awards diselenggarakan oleh majalah Top Business dan bekerjasama serta didukung oleh beberapa asosiasi CSR, Bisnis dan GCG, seperti KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governance), Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta perusahaan konsultan CSR dan Bisnis seperti MB Consulting (Mitra Bhadra Consulting), SKB (Solusi Kinerja Bisnis), ISVI (Indonesia Shared Value Institute), Yayasan Pakem (Pengembangan Keuangan Mikro), SDP (Sinergi Daya Prima), Dwika Consulting, dan lain sebagainya.(Hbb)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *