Bank Indonesia Telah Menyampaikan ATBI Kepada DPR RI

  • Whatsapp

JAKARTA – MARITIM : Penyampaian Rencana Anggaran Tahunan Bank Indonesia (ATBI) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) untuk tahun 2021, merupakan wujud komitmen

BI, yang mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan governance dalam menjalankan tugas dan wewenang guna mencapai tujuan yang diamanatkan, sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, yang telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2009.

Read More

Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko menjelaska, ATBI ini disampaikan pada Jumat (14/8).

Menurut Onny, Rencana ATBI Tahun 2021 mencerminkan bahwa Bank Indonesia terus berkontribusi nyata, terhadap perekonomian. Utamanya pada Anggaran Kebijakan Bank Indonesia yang menunjukkan, berlanjutnya peran dan kontribusi BI dalam penanganan dampak pandemi COVID-19 dan program Pemulihan Ekonomi Nasional, sebagai amanat pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020.

Rencana ATBI Tahun 2021 yang disampaikan kepada DPR mencakup empat hal yaitu Pelaksanaan Tugas Bank Indonesia Tahun 2020, Evaluasi Pelaksanaan ATBI Tahun 2020, Arah Kebijakan Bank Indonesia Tahun 2021, dan Rencana ATBI Tahun 2021.

Rencana ATBI Tahun 2021 lanjutnya, menggambarkan arah kebijakan BI yang responsif terhadap perkembangan ekonomi terkini. Serta tantangan dan proyeksi ke depan, dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan strategis baik yang berasal dari sisi global, domestik, dan internal, serta mempertimbangkan evaluasi pencapaian kinerja dan kesinambungan strategi tahun 2020. Respon kebijakan BI dilakukan, dengan menetapkan sasaran utama yang akan dicapai dalam perencanaan tahun 2021 melalui empat transformasi yakni transformasi kebijakan, transformasi organisasi, transformasi SDM dan budaya kerja, serta transformasi digital.

Dikatakan, untuk memastikan Rencana ATBI 2021 telah disusun secara akuntabel dan govern, program kerja dan anggaran tersebut telah diselaraskan dengan penajaman arah strategis Bank Indonesia 2025 yang mencakup penguatan Visi Bank Indonesia 2025 yaitu “Menjadi Bank Sentral Digital Terdepan yang Berkontribusi Nyata Terhadap Perekonomian Nasional dan Terbaik di antara Negara Emerging Markets untuk Indonesia Maju”. (Rabiatun)

Related posts