BNI Syariah Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Letusan Gunung Sinabung Rp50 Juta

MEDAN – MARITIM : BNI Syariah bersama Yayasan Hasanah Titik (YHT), dalam program BNI Syariah Peduli Bencana, menyalurkan bantuan berupa sembako bernilai Rp50 juta kepada korban letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Bantuan ini diserahkan oleh Pemimpin BNI Syariah Kantor Cabang Medan, Imam Samekto kepada Ketua PMI Sumatera Utara, Rahmat Syah, Minggu (30/8).

Read More

Dalam siaran pers yang diterima tabloidmaritim.com, Senin (31/8) Kacab Imam Samekto berharap, bantuan ini bisa dirasakan manfaatnya secara langsung dan dapat meringankan beban masyarakat dalam menghadapi dampak letusan Gunung Sinabung.

Dijelaskan, bantuan paket sembako yang diberikan terdiri dari 325 paket berisi beras, gula, minyak goreng, sarden. Bantuan diangkut dengan menggunakan truk bekerjasama dengan TNI dan mobil PMI, dari halaman Kantor PMI Sumatera Utara Jl. Perintis Kemerdekaan No 37 pada hari Minggu, 30 Agustus 2020.

Dalam penyaluran bantuan, BNI Syariah Kantor Cabang Medan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Utara. Untuk mematuhi anjuran pemerintah, BNI Syariah menerapkan physical distancing dalam seremonial penyerahan bantuan. Imam berharap sinergi dengan antar lembaga dalam pemberian bantuan bisa membantu korban letusan Gunung Sinabung dengan optimal.

Rahmat Syah menyambut baik program BNI Syariah Peduli Bencana Sinabung. “PMI siap membantu penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak bencana Gunung Sinabung,” kata Rahmat. PMI juga siap melakukan sinergi dengan BNI Syariah dalam program lainnya.

Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah terus berupaya menebar kebaikan dengan cara berbagi dan berdonasi sesuai nilai-nilai Hasanah. Per Juni 2020, BNI Syariah melalui Yayasan Hasanah Titik telah menyalurkan dana zakat perusahaan sebesar Rp5,1 miliar, dimana untuk bidang pendidikan sebesar Rp324,8 juta; bidang kesehatan sebesar Rp507,6 juta; bidang sosial Rp3,3 miliar; ekonomi Rp57,5 juta; dan dakwah sebesar Rp953,1 juta.

Dalam rangka memberikan akses yang optimal kepada masyarakat untuk bertransaksi sesuai prinsip syariah, BNI Syariah memiliki total tujuh kantor layanan di Sumatera Utara yang terdiri dari BNI Syariah KCU Medan; KCP Iskandar Muda; KCP Katamso; KCP Binjai; KCP Lubuk Pakam; KCP Pematang Siantar; dan KCP Padang Sidempuan. Imam mengatakan pada tahun depan akan dibuka kantor layanan baru yaitu BNI Syariah KCP Rantau Prapat.

KCU Medan berlokasi di Jl. Adam Malik no 151 Kota Medan; KCP Iskandar Muda berlokasi di Jl. Iskandar Muda 42 Medan; KCP Katamso di Jl. Brigjen Katamso Medan; KCP Binjai di Pertokoan Maju Bersama Blok A no 3 Binjai; dan KCP Binjai di Pertokoan Maju Bersama Blok A no 3 Binjai.

Atas dukungan dan kepercayaan masyarakat Medan dan sekitarnya, hingga triwulan II tahun 2020, BNI Syariah Kantor Cabang Medan telah menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp683 miliar dan menyalurkan pembiayaan sebesar Rp307 miliar.

Sebagai informasi, Gunung Sinabung sejak awal bulan Agustus 2020 telah beberapa kali meletus dan menimbulkan hujan abu vulkanik. Hal ini menimbulkan kesulitan bagi masyarakat di desa-desa yang dekat dengan lokasi letusan. Sawah dan ladang terkena abu terancam gagal panen dan kehidupan masyarakat juga terganggu. (Rabiatun)

Related posts