Menhub Sambut Peluncuran Kapal Autonomuos Oleh ITS

  • Whatsapp

JAKARTA – MARITIM : Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menyambut baik inovasi Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) berupa Kapal Autonomuos atau ITS Autonomous Boat (I Boat) saat soft launching secara virtual,Selasa (29/9).

Alasannya, menurut Menhub Budi Karya, sudah saatnya Indonesia menguasai teknologi maritim karena Indonesia memiliki potensi maritim yang sangat besar. Telebih 66 persen dari luas wilayah Indonesia adalah lautan. Dalam hal ini, Kapal Autonomuos yang dikembangkan oleh ITS ini akan menjadi satu terobosan dalam transportasi logistic dan transportasi dalam kondisi bencana, karena dapat menjangkau daerah-daerah yang sulit diakses oleh kapal berawak.

“Terobosan ini sangat diapresiasi, diciptakan dalam kondisi pandemic Covid 19,” ujar Menhub Budi Karya.

Dikatakan, pandemi Covid 19 membuat kita dihadapkan pada situasi yang tidak menentu. Dan tidak jarang, mengurangi produktivitas kita. Sebaliknya, akademisi ITS justru tetap dapat berkreasi dan mengembangkan Kapal Autonomuos atau I-Boat ini membuktikan bahwa karya anak bangsa tidak kalah dari negara lain yang bisa memberi sumbangsih bagi pengembangan maritime Indonesia.

Dalam kesempan soft launching virtual tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi juga menyampaikan komitmennya, untuk selalu mendukung inovasi anak negeri, termasuk yang datang dari ITS. Terlebih jika inovasi tersebut memiliki dampak nyata bagi pengembangan transportasi di tanah air. “Saya mengapresiasi kerja keras ITS dalam karyanya membuat Kapal Autonomuos ini dan juga menghimbau kepada pihak swasta, masyarakat, media bahwa karya seperti ini harus kita dukung, hargai, beri ruang, dan kita gunakan untuk kemajuan bangsa dan negara kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Menhub mengajak semua pihak, khususnya pihak perguruan tinggi, pelaku usaha, pemerintah dan komunitas untuk berkolaborasi agar hilirasi produk inovasi seperti yang diciptakan ITS dapat berjalan dengan lancar. Hilirisasi sangatlah penting, agar produk inovasi ini tidak berhenti di kampus, melainkan dapat dimanfaatkan masyarakat secara lebih luas.

Akhirnya Menhub Budi Sumadi mengingatkan, di tingkat Pendidikan Tinggi, inovasi menjadi sangat penting jika Indonesia ingin memenangkan kompetisi di masa depan. ITS telah menjalankan tugasnya dengan baik, melalui inovasi dan pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan terbukti telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi bangsa dan negara. (Rabiatun)

Related posts