Cek Keselamatan Pelayaran Dan Protokol Kesehatan, Menhub Tinjau Pelabuhan Kaliadem

  • Whatsapp

JAKARTA–MARITIM : Mengecek penerapan keselamatan pelayaran dan protokol kesehatan, di masa libur Natal dan Tahun Baru,

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta, Sabtu (26/12). Dan memberikan apresiasi kepada para operator kapal, yang telah memperhatikan keselamatan perjalanan dan kelengkapan dokumen kapal.

Read More

“Kami di hari libur ini tidak cuti dan memastikan pelayanan tranportasi pada masa Nataru berjalan sesuai dan baik. Saya melihat di Kaliadem ini keselamatan pelayaran cukup baik dan diperhatikan seperti : kapal laik jalan, nahkoda sudah mengecek penumpang sesuai kapasitas. Saya mewanti-wanti agar jumlah penumpang yang diizinkan masuk ke dalam kapal harus sesuai kapasitas yang ditentukan,” ujar Menhub.

Diakui, secara random memeriksa dokumen kelengkapan kapal yang akan berlayar. Kapal laik jalan, jumlah penumpang terukur, dan nahkoda dalam keadaan sehat.Saat peninjauan, Menhub Budi memeriksa kelengkapan surat izin kapal yang akan berangkat menuju Kepulauan Seribu.

Menhub Budi Karya , memeriksa kapasitas penumpang dan penerapan protokol kesehatan di kapal-kapal yang akan berangkat menuju Kepulauan Seribu. Juga mengingatkan agar penumpang selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker di sarana transportasi umum di wilayah aglomerasi perkotaan. Karena untuk wilayah aglomerasi memang tidak diwajibkan untuk melakukan rapid tes antigen.

“Saya melihat kesadaran masyarakat akan kesehatan sudah cukup baik tadi dengan selalu menggunakan masker dan membawa hand sanitizer sendiri,” ungkap Menhub.

Saat memeriksa keselamatan pelayaran, Menhub Budi Karya juga membagikan bingkisan, dan masker kepada para petugas pelabuhan dan kepolisian di sekitar pelabuhan. Para penumpang juga dibagikan masker, awak kapal, serta para pedagang di sekitar Pelabuhan Kaliadem.

Turut hadir dalam peninjauan di Pelabuhan Kaliadem Muara Angke yaitu Sesditjen Perhubungan Laut Andi Hartono, Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Capt. Hermanta, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Capt. Wisnu Handoko dan Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke, Anggiat Douglas. (Rabiatun)

Related posts