BRSDM KKP Targetkan 10% Lulusan Sekolah Vokasi Jadi Wirausaha Baru

  • Whatsapp

JAKARTA-MARITIM : Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan 10% lulusannya jadi wirausaha muda.

Saat ini, pelaku wirausaha di Indonesia 3,1% dari 260 juta penduduk, atau sekitar 8,06 juta jiwa. Melampaui standar internasional sebanyak 2%. Tapi itu di bawah negara tetangga, seperti Singapura 7% dan Malaysia 5%. “Karenanya, Indonesia butuh 4 juta wirausaha baru, untuk mendorong penguatan struktur ekonomi nasional,” kata Sekretaris BRSDM, Kusdiantoro, mewakili Kepala BRSDM, saat daring “Bangkitkan Semangat, Ciptakan Peluang, menjadi Wirausaha Muda Taruna Berintegritas dan Hebat”, kemarin.

Read More

Menurutnya, satuan pendidikan tinggi vokasi KKP memakai 70% praktik dan 30% teori, dengan sistem teaching factory (tefa) dilengkapi sarana dan prasarana modern. Sehingga lulusan dapat jadi wirausaha baru dan mampu membuka lapangan kerja seluasnya. Selain itu, satuan pendidikan dan peserta didik dituntut punya network dengan mitra, sehingga dapat mendukung penciptaan wirausaha muda. Pemetaan potensi bisnis dari hulu ke hilir hingga terbentuk karakter wirausaha fight melalui kompetisi.

Dia berharap, taruna/taruni Politeknik KP Jembrana jadikan entrepreneurship sebagai peluang dan pilihan hidup, bukan opsi terakhir. Di samping itu, KKP menyiapkan pinjaman melalui BLU LPMUKP dengan bunga 3%/tahun. Ada 5 tips seorang wirausaha sukses, yaitu harus tekun, disiplin dan kerja keras; berani menantang diri; melakukan segala hal dengan passion nya; berani mengambil risiko; dan harus percaya diri. (Muhammad Raya)

Related posts