Ciptakan Keamanan Siber Industri Maritim, Jadi Salah Satu Prioritas BKI

  • Whatsapp

JAKARTA, MARITIM : Melihat industri maritim yang semakin krusial, peningkatan keamanan siber menjadi salah satu prioritas bagi seluruh stakeholder di dalamnya. BKI sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang klasifikasi kapal memiliki peran vital atas keselamatan angkutan moda laut berbendera Indonesia.

Beralihnya industri klasifikasi hingga komersil diikuti dengan pertumbuhan kemajuan teknologi di Indonesia menjadi perhatian BKI untuk mengembangkan standar keamanan siber khususnya dalam industri maritim. Standar yang berkaitan dengan jasa statutoria BKI dikaitkan dengan penemuhan elemen cybersecurity dalam ISM Code ini akan memberikan manfaat bagi stakeholder dunia maritim Indonesia.

Read More

“Kita terus kembangkan isu siber ini. Tentunya tidak hanya dalam ranah klasifikasi yang menjadi tulang punggung BKI namun juga dalam sektor komersil. Dalam klasifikasi dengan penambahan notasi khusus untuk kapal yang menerapkan cyber security dan sertifikasi kapal yang menerapkan cyber security. Serta dalam ranah komersil seperti training terkait cyber security ke stake holder, jasa penyusunan prosedur manajemen cyber security, jasa maintenance cyber security,” ungkap Direktur Utama BKI Dr. Rudiyanto, dalam siaran pers (15/2/2021).

Hal ini, lanjut Rudiyanto menutup keterangan persnya, dilakukan sebagai bentuk kontribusi dan komitmen BKI kepada penguatan sektor kemaritiman nasional. (Hbb)

Related posts