BKI Dukung Kemenhub Terapkan Keselamatan dan Keamanan Transportasi Sungai dan Danau

  • Whatsapp
Dirut BKI, Rudiyanto (kiri) saat menyerahkan life jacket secara simbolis

Jakarta, Maritim :  PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) ikut berpartisipasi dalam kegiatan webinar dengan tema “Konsolidasi Nasional Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Transportasi Sungai dan Danau” yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan BKI,ASDP,Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putera pada hari Selasa, 25 Januari 2022.

Kegiatan Webinar ini dibuka oleh Menteri Perhubungan,  Budi Karya Sumadi dan  dihadiri langsung oleh Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat. Sebagai pembicara antara lain, Junaidi selaku Direktur TSDP, Rudiyanto selaku Direktur Utama BKI, Soerjanto Tjahjono selaku Ketua KNKT, Rivan Achmad Purwantono selaku Direktur Utama PT Jasa Raharja, Erika Buchari selaku Ketua MTI Wilayah Sumatera Selatan, Wasis Dwi Aryawan selaku Kepala Departemen Teknik Perkapalan, Irwan selaku Direktur Potran SDP dan Muryadin selaku Kepala Balai Teknologi Hidrodinamika BRIN.

Read More

Dalam kegiatan webinar ini BKI memberikan dukungan 200 alat keselamatan (life jacket) dari total 783 life jacket dan 50 life buoy yang dibagikan untuk meningkatkan Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Transportasi Sungai dan Danau.

Selain memberikan life jacket dan life buoy, webinar ini juga memberikan pengukuhan bentuk dukungan penanda tanganan deklarasi keselamatan dan keamanan pelayaran trasportasi sungai dan danau.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, bahwa menjadi peran kita semuanya baik pemerintah pusat, pemerintah daerah , kemudian lembaga termasuk juga dari seluruh operator menyangkut masalah aspek keselamatan di sungai danau dan juga dibeberapa bendungan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah yang pertama melakukan sosialisasi terkait kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan transportasi sungai dan kemudian menyatukan persepsi tentang pentingnya keselamatan dan keamanan pelayanan transportasi sungai dan danau”,Katanya.

Rudiyanto, Dirut PT.BKI dalam paparannya mengatakan, sistem register kapal ini menjadi sangat penting karena dengan sistem tersebut kita bisa membuat suatu database yang menyimpan data kapal beserta aktivitas yang berhubungan dengan kapal , dapat diakses oleh pemerintah, pemilik kapal atau kapal-kapal.  “Dan saat ini memang harus dilakukan untuk registrasi, klasifikasi dengan kriteria yang pertama adalah ukuran panjang itu adalah 20 M atau lebih yang kedua Sisinya 100 cm atau lebih atau yang digerakkan dengan tenaga penggerak utama dan BKI selaku Induk Holding Jasa Survei (IDSurvey) akan selalu mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan” Ujar Rudiyanto. (Hbb)

Related posts