Menaker Dorong Semua Pihak Budayakan K3 di Tempat Kerja

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

JAKARTA-MARITIM: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan sebagai leading sector Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sangat mengharapkan dukungan semua pihak untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan K3.

Menaker juga mendorong semua pihak untuk terus mempromosikan K3 dan mengimplementasikannya dalam upaya meningkatkan perlindungan pekerja dan keberlangsungan usaha guna meningkatkan produktivitas.

Read More

Penegasan Menaker ini disampaikan Direktur Bina Pengujian K3 Kemnaker, Muhammad Idham, pada Peresmian Pameran Penutupan Proyek ILO yang bertajuk ‘Meningkatkan Pencegahan Covid-19 di dan Melalui Tempat Kerja’ di Jakarta, Selasa (20/9/2022).

“Semua pihak harus turun tangan untuk bekerja sama agar budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja dan lingkungan masyarakat umum di seluruh tanah air,” katanya.

Menaker menyatakan, bila K3 terlaksana dengan baik maka kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PAK) dapat ditekan dan biaya-biaya yang tidak perlu dapat dihindari. Sehingga dapat tercapai suasana kerja yang aman, nyaman, sehat, dan meningkatnya produktivitas kerja.

“Untuk itu, kegiatan ini menjadi momentum sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak berpartisipasi aktif membudayakan K3,” ucapnya.

Lebih lanjut Menaker mengatakan, penciptaan tenaga kerja yang produktif merupakan salah satu hal yang diperhatikan oleh pemerintah saat ini. Sementara penerapan budaya K3 merupakan bagian integral pembangunan nasional untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing Indonesia, dan menjadi bagian dari komponen peningkatan produktivitas nasional. (Purwanto).

 

Related posts