TKS Diminta Berperan Optimal Dampingi Tenaga Kerja Mandiri Pemula

Staf Khusus Menaker Titik Masudah saat memberikan pembekalan TKS pendamping TKM Pemula tahap III tahun 2023 di Surabaya.

SURABAYA-MARITIM: Kementerian Ketenagakerjaan terus meningkatkan kapasitas tenaga kerja sukarela (TKS) pendamping Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Pemula dalam upaya menumbuhkan wirausaha baru. Salah satu langkah peningkatan kapasitas pendamping TKM Pemula, dilakukan melalui pembekalan TKS.

“Kapasitas, kapabilitas serta kecakapan TKS dalam mendampingi kelompok wirausaha TKM Pemula sangat menentukan keberhasilan dalam mewujudkan wirausaha baru yang berprospek untuk tumbuh dan berkembang,” kata Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Titik Masudah saat memberikan pembekalan TKS pendamping TKM Pemula tahap III tahun 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (14/11/2023).

Read More

Titik Masudah mengatakan, sebagai pendamping, TKS memiliki tiga peran strategis. Pertama, sebagai motivator yang memotivasi TKM Pemula dalam mengembangkan kegiatan usaha.

Kedua, sebagai fasilitator yang memfasilitasi TKM Pemula dalam memperluas jejaring kemitraan, akses permodalan dan akses pemasaran. Ketiga, sebagai inovator yang menggerakkan ide-ide pengembangan usaha.

“Secara khusus, saya meminta para TKS untuk mengoptimalkan peran sebagai fasilitator guna membantu TKM Pemula dalam menyusun dan menyempaikan laporan pertanggungjawaban bantuan usaha yang telah diterima. Peran TKS sangat penting untuk mendukung agar program TKM Pemula dapat berjalan secara transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Titik berharap pembekalan TKSĀ mampu meningkatkan kapasitasnya dalam melaksanakan tugas sebagai pendamping TKM Pemula. Ia menilaiĀ pembekalan TKS merupakan bagian penting dalam bisnis proses pendayagunaan TKS.

“Saya harapkan pembekalan ini dapat menjadi forum komunikasi dan koordinasi guna mendukung pelaksanaan tugas TKS sebagai pendamping TKM Pemula secara optimal,” pintanya.

Tahun 2023, Kemnaker menargetkan pemberdayaan kelompok usaha TKM Pemula sebanyak 11.000 kelompok atau sekitar 110.000 orang. Pada pembekalan tahap III ini, Ditjen Binapenta & PKK menugaskan 181 orang TKS yang tersebar di 118 kabupaten/kota untuk mendampingi 2.767 TKM Pemula.

Tahap II, terpilih sebanyak 333 orang TKS di 182 kabupaten/kota sebagai pendamping 3.790 TKM Pemula. Sedangkan tahap I, ada 386 orang TKS di 141 kabupaten/kota yang terpilih sebagai pendamping 4.398 TKM Pemula. (Purwanto).

Related posts