Kemenhub Gelar Pelatihan Pandu Laut Tingkat I

BOGOR–MARITIM : Sebagai competent pilotage authority secara berkesinambungan menyelenggarakan pelatihan pandu, untuk memenuhi tingkat kecukupan sumber daya manusia bersertifikat pandu yang kompeten dan professional, serta menjunjung tinggi martabat bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesia.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kepelabuhanan kembali menyelenggarakan Pelatihan Pandu Tingkat I Angkatan V Tahun 2020 ,selama 33 hari mulai 5 November hingga 7 Desember 2020 diikuti 27 orang peserta.

Direktur Kepelabuhanan, yang diwakili Kepala Sub Direktorat Pemanduan dan Penundaan Kapal, Yoshua P. S. I. Anthonie, secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Pandu Tingkat I Angkatan V Tahun 2020 bertempat di Kampus 1 IPC Ciawi, Bogor. Kamis (5/12)

Menurut Yoshua P. S. I. Anthonie, pelatihan pandu ini diselenggarakan secara berkesinambungan sesuai dengan IMO Resulution A. 960 dan amanat Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 57 Tahun 2015 tentang Pemanduan dan Penundaan Kapal pelatihan ini diselenggarakan dengan maksud untuk, meningkatkan para pandu yang semula telah bersertifikat pandu tingkat II menjadi bersertifikat pandu Tingkat I, dimana pelatihan ini para peserta akan dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan pemanduan bagi kapal yang berukuran panjang kapal tidak terbatas tapi tidak untuk perairan laut dalam.

“Semoga para peserta dapat menggunakan kesempatan yang berbahagia ini, dengan sebaik-baiknya dan tetap mempertahankan tingkat disiplin yang tinggi, serta selalu menjaga kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan,”harap
Yohsua seraya menambahkan,mengingat saat ini masih dalam masa pandemi covid – 19.

Johua juga berharap, ilmu pengetahuan dan kerampilan yang telah didapatkan dalam pelatihan ini dapat diimplementasikan di tempat unit kerja masing – masing dan akhir kata saya ucapkan selamat mengikuti pelatihan ini dengan penuh semangat.

Sementara Itu, Kepala Seksi Sumber Daya Manusia Pemanduan dan Penundaan Kapal, Sarana Bantu dan Prasarana Pemanduan, Patrick Pardede mengatakan Pelatihan Pandu Tingkat I Angkatan V Tahun 2020 diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang bekerjasama dengan PT. Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL).

“Pelatihan kali ini diikuti oleh 27 orang peserta yang terdiri dari PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) sebanyak 9 orang peserta, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) sebanyak 10 orang Peserta, PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sebanyak lima orang peserta dan swadana tiga orang peserta.” tambahnya

“Selama pelatihan berlangsung para peserta akan diberikan pembekalan dan pembelajaran di Kampus 1 IPC Ciawi, Bogor serta di lanjutkan dengan praktek simulator di Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut, Jakarta, dan diakhiri dengan praktek memandu kapal di Perairan Pandu Banten.” tutup Patrick. (Rabiatun)

Related posts