Melalui IPANGANANDOTCOM, Bulog Buka Lapak Online Jual Daging Beku Murah Rp80.000/Kg

  • Whatsapp
Dirut Perum Bulog Budi Waseso saat launching penjualan daging beku melalui daring

JAKARTA-MARITIM : Perum Bulog memastikan agar masyarakat tidak perlu khawatir soal stok daging sapi dan daging kerbau menjelang Lebaran 2021. Karena pihaknya telah menyediakan penjualan daging tersebut sebanyak 13.000 ton melalui e-commerce IPanganandotcom dengan harga terjangkau.

“Masyarakat bisa memperoleh daging kerbau Rp80.000/kg, dengan ongkir jadi maksimal Rp85.000/kg, itu maksimal ya. Sementara daging sapi Rp90.000/kg maksimal. Yang jelas, ini daging sapi beneran,” kata Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, ketika launching penjualan daging melalui IPangananditcom, di kantornya, Jakarta, Senin (26/4).

Read More

Menurutnya, Perum Bulog akan terus melakukan upaya membantu masyarakat mengatasi kebutuhan daging yang meningkat belakangan ini, khususnya selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran 2021.

“Setelah Bulog menggelar operasi pasar berupa komoditas daging kerbau beku seharga Rp80.000/kg  di beberapa kelurahan, pasar dan jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) pada pekan lalu, Bulog melanjutkannya dengan menyediakan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan daging rakyat dengan harga terjangkau melalui belanja online. Sehingga rakyat bisa memiliki pilihan membeli daging tanpa kesulitan,” ujarnya.

Di sisi lain, layanan onlen ini diciptakan sebagai salah satu upaya memenuhi kebutuhan daging melalui pemanfaatan teknologi digital, sehingga masyarakat memperoleh bahan pangan khususnya daging dengan cepat, mudah dan murah.

Pasalnya, sebagai bagian dari pemerintah, Bulog memahami situasi kebutuhan daging yang meningkat belakangan ini. Bulog akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan pokok tersebut.

“Saya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran Bulog di tanah air untuk menyiapkan stok daging beku yang bisa langsung dibeli masyarakat,” tekan mantan Kepala Bareskim Polri itu.

Sejak awal tahun ini, masyarakat mengalami kesulitan untuk mendapatkan daging sapi di pasaran dengan harga terjangkau, sehingga pemerintah memberikan penugasan kepada Perum Bulog untuk mengimpor daging kerbau dari luar negeri sebagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan akan daging, khususnya dalam momen Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2021.

Dengan menyediakan layanan belanja onlen maka rakyat bisa memiliki pilihan alternatif untuk memunui kebutuhan akan daging dengan membeli daging kerbau beku. Pilihan belanja daging kerbau beku dapat dilakukan melalui IPanganandotcom yang tersedia di aplikasi Shopee dan dijual dengan harga Rp84.999/kg sudah termasuk ongkos kirim SAMEDAY sampai depan rumah konsumen. Harga yang murah secara online ini merupakan sinergi strategis antara Perum Bulog, StoreSend Indonesia, Shopee dan JNE.

Perum Bulog juga terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah guna membantu mensukseskan program pemerintah dengan menstabilkan harga pangan lainnya pada saat Ramadhan dan Idul Fitri.

Masyarakat bisa membeli daging sapi dan daging kerbau melalui daring dengan harga di bawah rata-rata di pasar. Saat ini harga di pasaran di kisaran Rp130.000-140.000/kg. Bulog mengambil daging sapi dari dalam negeri dan kebanyakan dari peternak. Sedangkan untuk daging kerbau diimpor dari India dengan stok saat ini mencapai 13.000 ton. Dimana masyarakat yang membeli dibatasi maksimal 2 kg untuk menghindari penimbunan.

Bukan tidak mungkin, kata Buwas, ada kebutuhan besar dari industri hingga berpuluh-puluh ton. “Kami tidak akan memberikan stok tersebut kepada industri atau selain masyarakat. Karena, semakin panjang tangan, maka semakin besar biaya yang menjadi tanggungan pemerintah,”

Sebab, lanjutnya, sekarang ada industri yang berbahan dasar sapi. Karena mahal, mereka serap daging kerbau, jadi lebih murah dan mendapatkan untung lebih besar. “Kita nggak berikan kalau ada indikasi untuk kebutuhan industri bahan baku daging kita akan tindak.” (Muhammad Raya)

Related posts