Triwulan I, Arus Petikemas JICT Tumbuh 8 Persen

  • Whatsapp

JAKARTA, MARITIM : Selama triwulan I tahun 2021, arus petikemas di PT Jakarta International Container Terminal (JICT) tercatat sebanyak 657.168 twenty foot equivalent units (TEU’s) atau setara 437.426 boks.

Angka di atas menurut Direktur Utama PT Jakarta International Container Terminal (JICT), Ade Hartono mengalami kenaikan sekitar 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020, sehingga ia  menyatakan optimistis tahun ini bisa menembus angka  2 juta TEU’s

Read More

“Selama empat bulan pertama tahun ini sudah terjadi pertumbuhan sekitar 8 persen. Mudah-mudahan hingga akhir tahun bisa tembus dikisaran 2 juta TEUs,” ujar Ade HartonoartH usai seremonial peluncuran Moveable Lifebuoy  di dermaga terminal itu  (19/5/2021).

Dikatakan,  selama tahun 2020 sebagai tahun pertama masa Pandemi Covid-19,  JICT melayani kegiatan bongkar muat petikemas sekitar  1,8 Juta  TEUs.

Saat ini lanjut Ade Hartono, JICT merupakan Terminal Petikemas paling efisien di Indonesia. Pada masa pandemi, Kecepatan handling petikemas yang diukur dengan Gross Crane Ratio, mencapai 28,4 gerakan per jam dan di dermaga utara bahkan lebih dari 30 Move per hour. Saat ini JICT merupakan terminal yang menguasai 42% Market Share di pelabuhan Tanjung Priok untuk terminal petikemas yang melayani kegiatan bongkar muat container Internasional.

Komitmen

JICT sangat berkomitmen dalam upaya peningkatan keselamatan dan keamanan untuk setiap pekerja yang menjalankan tugasnya di JICT.  Kami secara berkesinambungan mengadakan training safety awareness terhadap seluruh Pekerja dan lebih fokus lagi di bagian operasional yang memiliki resiko tinggi terhadap keselamatan kerja, tutur Direktur Utama JICT-Ade Hartono.

Selain menyediakan seperangkat Alat Perlindungan Diri, pelatihan K3 dan pemeriksaan rutin terhadap persiapan kerja dan kelengkapannya, JICT juga terus melakukan kampanye budaya keselamatan kerja di lingkungan perusahaan baik untuk pekerja di lini 1 maupun lini 2. Tidak ada bantahan lain, safety is our priority, tegas Ade Hartono.

Moveable Lifebuoy ini di luncurkan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko di Dermaga Utara PT JICT disaksikan oleh perwakilan terminal petikemas lain nya. (Hbb)

Related posts