Ditengah Pandemi Covid-19, Peringatan HUT IKWI, Meriah Dalam Kesederhanaan

  • Whatsapp

JAKARTA–MARITIM : Hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19 sejak 2020, tidak menyurutkan aktivitas masyarakat dalam berinteraksi, meski dalam keterbatasan sesuai prokes yang diberlakukan pemerintah, sejak pandemi covid-19 yang masih berlangsung. Dengan tidak mengurangi berbagai aturan yang ditetapkan pemerintah, diantaranya pembatasan pergerakan kegiatan masyakat (PPKM), Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, menggelar hajatan Milad IKWI ke-60, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia (HUT-RI) ke-76, tahun 2021.

Milad yang didukung oleh PT Pegadaian Indonesia (Persero), PT Bank Danamon Syariah Unit Usaha Syariah (Danamon Syariah) dan Perusahaan Gas Negara (PGN) menggelar seminar nasional dengan tema “Merajut Masa Depan yang Berkualitas, melalui System Hybrid, dari Gedung Dewan Pers, Lt. 4 , diikuti oleh seluruh anggota IKWI Pusat dan Daerah dari seluruh Provinsi di Indonesia melalui virtual zoom, Selasa (24/8).

Ketua Umum IKWI, Indah Kirana dalam sambutan HUT mengatakan, kesederhanaan pelaksanaan perayaan secara virtual ini kiranya tidak mengurangi makna dari peringatan hari ulang tahun, yaitu mensyukuri perjalanan IKWI selama ini hingga menjadi organisasi kemasyarakatan yang mandiri dan handal. Sekaligus, melakukan perenungan dan refleksi atas capaian kita selama ini, sebagai bahan evaluasi dalam melanjutkan upaya kita menjadikan IKWI yang lebih baik.

“Tepatnya IKWI dikukuh pada tanggal 29 Juli 1961, seharusnya HUT IKWI ke-60 dirayakan pada 19 Juli tapi bertepatan dengan penerapan PPKM, maka ditunda,” ujarnya seraya menambahkan Alhamdulilah hari ini kita bisa merayakan HUT, dengan segala kesederhanaan tapi meriah.

Ini lanjutnya, tepat kiranya tema yang diangkat dalam peringatan HUT IKWI kali ini yaitu: “Merajut Masa Depan yang Berkualitas”. Tema ini sengaja diangkat, untuk menjadi catatan kritis dan implementatif dalam mengeksekusi program-progam kerja ke depan, Terutama dalam menyiapkan para pengurus yang berkompeten menuju organisasi yang berkualitas, sebagaimana di tuangkan dalam misi organisasi.

Untuk itu kita patut bersyukur, lanjut Indah, selama 60 tahun berjuang dan membina bersama, kita mampu menjadikan IKWI sebagai organisasi solid, mandiri dan kompak seperti yang kita cita-citakan bersama. Keberhasilan ini dimungkinkan, karena dalam menjalankan organisasi, kita selalu memegang teguh komitmen bersama, dan lebih mengedepankan semangat persaudaraan dan kebersamaan.

Dikatakan, serangkaian Silaturahmi Nasional dalam HUT kali ini, Pengurus Pusat IKWI menggelar IKWI Award. Tujuan pemberian penghargaan tersebut untuk menggairahkan Pengurus Provinsi agar aktif membina anggotanya dan mengelola IKWI secara tertib administrasi di deaerah masing-masing, sehingga masih tetap eksis dan berkembang hingga saat ini. Juga Untuk menambah wawasan anggota IKWI, kami menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional yang diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota IKWI se-Nusantara. Webinar tersebut mengetengahkan beberapa tema. yaitu : “Manfaat Gas Bumi untuk Rumah Tangga, Lebih Mudah dan Murah” dengan nara sumber dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero), Tbk.
Tema “Untung Rugi Menabung Emas Secara Syariah” dengan nara sumber dari PT Pegadaian (Persero). Dan Tema “Halal Lifestle” dengan nara sumber dari Bank Danamon Syariah.

Lebih jauh tambahnya, untuk mensosialisasikan organisasi, IKWI mengadakan lomba penulisan dengan Topik “Menabung Emas secara Syariah” yang Alhamdulillah disponsori oleh PT Pegadaian (Persero). Lomba Penulisan tersebut diikuti oleh Wartawan umum dan wartawati sebagai anggota IKWI.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina IKWI yang juga Ketua Umum PWI, Atal S Depari mengatakan, hari ini, tanggal 24 Agustus 2021, IKWI merayakan ulang tahun yang ke-60. Acara ini tertunda sebulan, sebab ulang tahun IKWI sesungguhnya jatuh pada tanggal 19 Juli 2021. Untuk itu, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan HUT IKWI, yang dengan semangat kebersamaan dilaksanakan, meski hanya secara virtual

Perjalanan IKWI menuju usia 60 tahun, kata Atal , telah melewati berbagai suka dan duka serta tantangan yang berliku. Tapi dari pasang surut perjalanan IKWI ini, tekad keluarga wartawan tidak surut. Mereka terus berjuang membangun silaturrahmi dan melestarikan kehidupan keluarga pers Indonesia.

Saya mengapresiasi berbagai aktivitas IKWI, baik untuk keluarga pers maupun masyarakat umum, terutama menghadapi pandemi Covid-19. IKWI telah memotivasi daerah untuk besama-sama mengadakan aksi sosial. Saling peduli dan menolong.

Selain kegiatan sosial, IKWI juga ada membuat program menambah wawasan, seperti penyelenggaraan webinar hari ini. Kegiatan semacam ini sangat bagus. Selain bagus untuk memupuk silaturahmi dengan para anggota, IKWI juga berusaha menambah ilmu untuk Ibu-ibu anggotanya. Ilmu yang bisa diimplementasikan kepada keluarganya sesuai dengan tema yang disampaikan oleh pemateri.

Juga ada Lomba Penulisan dengan Tema Menabung Emas Secara Syariah. Peserta lomba dari wartawan umum dan juga wartawati anggota IKWI. Ya, anggota IKWI memang juga ada wartawan ibu rumah tangga, dan dapat terus mengasah kemampuannya sebagai jurnalis.

Saya berharap IKWI ke depan bisa lebih sukses lagi menjalankan program-programnya dengan mengikuti kemajuan teknologi. Lebih kompak dan makin bertambah keanggotaannya.

Sebagai partisipan Direktur Syariah & Sustainability Finance, Bank Danamon Syariah, tampil sebagai narasumber yang berbicara tentang “Halal Lifestyle” Herry Hykmanto mengatakan, saat ini halal lifestyle sedang menjadi trend dan berkembang, seiringi dengan fenomena hijrah diberbagai kalangan bahkan hingga ke generasi muda. Secara fisik, fenoma hijrah ini, mendorong individu untuk menerapkan prinsip Islam dalam berbagai aspek kehidupan dan menjadi gaya hidup baru atau Halal Lifestyle, diantaranya menggunakan produk halal.

Maksudnya kata Herry, penerapan prinsip Syariah harus dilakukan secara menyeluruh termasuk pengelolaan uang secara Syariah, dan ini menjadi produk perbankan syariah secara modern, dan tidak dimiliki bank konvensional. Ini merupakan keunikan bank syariah, yang mempunyai beragam produk andalan spesifik sesuai ajaran Al Qur’an. Misalnya aturan bagaimana bagaimana seharusnya seorang Muslim/Muslimah dalam mengelola keuangannya secara Syariah. Tentu saja ini juga harus didorong dengan Inklusi serta literasi keuangan, agar umat Muslim paham tentang pentingnya menerapkan prinsip ekonomi syariah dalam mengelola keuangan.

Bahkan tambah Herry, dalam bertransaksi sehari-hari pun harus dilakukan sesuai dengan prinsip Syariah Zakat & Wakaf juga tidak terlepas dari bagian dalam pengelolaan keuangan secara Syariah, mengapa demikian? Karena dalam Al Quran pun disebutkan bahwa apabila kita menginfakkan sebagai harta kita di jalan Allah, maka Allah akan melipatgandakannya. Danamon Syariah dalam rangka mendukung inklusi serta literasi keuangan Syariah menyediakan platform digital Social Banking untuk memudahkan dalam berzakat dan berwakaf.

Bicara tentang zakat, infak, sadaqah dan wakaf (Ziswakaf) Herry juga menjelaskan, selain membayar kewajiban berzakat serta berbagi melalui wakaf untuk kemaslahatan umat. Perencanaan jangka panjang pun perlu disiapkan, seperti halnya dalam merencanakan ibadah haji.”Perbankan syariah, merupakan bisnis layanan jasa keuangan yang memiliki keseimbangan dunia dan akhirat,” tutup Herry Hykmanto yang dalam kesempatan itu mengucapkan Selamat dan Sukses Milad IKWI yang Ke-60 , Semoga IKWI semakin sukses dan persatuan dan kebersamaan IKWI semakin harmonis.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan pemotongan tumpeng disaksikan bersama dari Pengurus Pusat IKWI, Pengurus IKWI Provinsi dan seluruh anggota IKWI se-Nusantara. Pada acara Milad IKWI ini juga diumumkan para Pemenang IKWI Award, Pengumuman Lomba menulis dan juga acara Milad ini sebagai ajang Silaturahmi Nasional IKWI Nusantara untuk saling bertegur sapa secara virtual. (Rabiatun)

Related posts