Kolaborasi Kadin Kota Jakarta Utara dan PT Jari Karya Indonesia, Dorong UMKM Masuk Platform Digital

  • Whatsapp

JAKARTA-MARITIM : Suatu aplikasi mobile, sebagai pengembangan bisnis yang cukup handal untuk dipraktekkan di lapangan oleh setiap anggota perseron, kini tengah diakselerasi oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Jakarta Utara bersama PT Jari Karya Indonesia.

“Apabila model aplikasi seperti ini berhasil dan cocok kami kembangkan dan diwujudkan di Kadin Kota Jakarta Utara, maka kami akan bawa program ini ke tingkat Kadin DKI Jakartat, agar bisa dibuatkan di Kadin Kota di 5 wilayah kota lainnya,” kata Ketua Kadin Kota Jakarta Utara, H Sungkono Ali, usai menutup workshop/pelatihan Digitalisasi Laporan Pekerja di Lapangan, di salah satu hotel ternama di bilangan Kelapa Gading, di Jakarta Utara, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan ini merupakan Kolaborasi Kadin Kota Jakarta Utara dan PT Jari Karya Indonesia. Gelaran pelatihan dan workshop yang dilakukan Kadin Kota Jakarta Utara itu, dengan tutorial dari pihak PT Jari Karya Indonesia, mengambil tema “Optimalisasi Bisnis dengan Digitalisasi Laporan Pekerja Lapangan bagi anggota Kadin Jakarta Utara”.

Ketua Panitia Penyelenggara, Bambang Sugiantoro, saat memberikan laporan menyampaikan bahwa kerja sama ini akan dilanjutkan terus agar tercapai penekenan kesepahaman antara kedua belah pihak dalam bentuk MoU.

“Kami akan upayakan MoU tersebut dapat terwujud bulan ini juga. Walaupun sebenarnya antara Kadin Kota Jakarta Utara dan PT Jari Karya Indonesia belum ada deal-deal tertentu,” ujar Bambang saat ditanya Tabloid Maritim.

Sementara H Sungkono Ali menilai, pelatihan ini kami gelar sebenarnya belum ada deal-deal, apalagi sudah melakukan MoU yang diteken sebelumnya. “Istilah kata ini baru suka sama suka. Namun akan mengarah ke MoU. Kita tunggu saja,” ungkap H Sungkono.

Ketua Kadin Kota Jakarta Utara H Sungkono Ali, menjelaskan kepada wartawan bahwa kegiatan ini guna lebih mengefisiensikan dan memudahkan bekerja bagi pengusaha yang tergabung dalam Kadin Indonesia. Apalagi banyak UMKM binaan dari Kadin Kota Jakarta Utara masih memerlukan bimbingan dan penataan dalam memajukan usaha dan kreatifitas bisnis.

Apalagi, tambah H Sungkono Ali, Kadin Kota Jakarta Utara, dalam beberapa bulan ini baru memasukkan enam UMKM menjadi anggota Kadin Kota Jakarta Utara. Mereka itu adalah UMKM Kakap Kecamatan Cilincing, UMKM Tuna Kecamatan Kelapa Gading, UMKM Salmon Kecamatan Koja, UMKM Paus Kecamatan Tanjung Priok, UMKM Hiu Kecamatan Pademangan dan UKKM Tongkol Kecamatan Penjaringan.

Sedangkan Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta, Laja Lapian, menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 memicu kenaikan penggunaan media digital masyarakat Asia Tenggara. Saat ini aplikasi digital dianggap salah satu strategi yang mumpuni dalam melakukan efisiensi perusahaan di masa pandemi.

Selain itu aplikasi digital juga merupakan sebuah tools yang digunakan oleh banyak pengusaha untuk tetap berinteraksi dengan konsumen dan mitra kerja. Secara sederhana dapat kita katakan bahwa saat ini tulang punggung bisnis sudah mengarah pada penggunaan aplikasi digital.

Untuk itu, Kadin DKI Jakarta sangat mengapresiasi dilaksanaknnya kegiatan ini, dengan harapan dapat lebih meningkatkan kemampuan para pengusaha nasional khususnya yang ada di wilayah Kota Jakarta Utara. Termasuk apresiasi kepada PT Jari Karya Indonesia untuk dapat berkolaborasi bersama Kadin Kota Jakarta Utara, kedepan kami berharap kolaborasi ini akan lebih ditingkatkan lagi untuk dapat memberikan manfaat bagi para pengusaha di wilayah Kota Jakarta Utara. (Muhammad Raya)

Related posts