PT DKB Menerima Magang SDM Welding INLASTEK Solo

  • Whatsapp

Jakarta – Maritim: PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) menerima sejumlah SDM/Tenaga magang untuk Las atau Welding dari INLASTEK Solo, untuk dikaryakan di BUMN galangan kapal tersebut.

Penyerahan tenaga magang dari siswa spesialist INLASTEK Solo itu diterima langsung oleh Direktur Utama PT DKB, La Mane yang dilaksanakan di Kantor Pusat DKB di Jakarta pada Selasa (14/12/2021).

Read More

Pada kesempatan tersebut juga turut hadir Dirut PT Indonesia Air & Marine Supply (Airin) Rudolf  Valentino yang juga merupakan pelaksana tugas (plt) Dirut PT Kodja Terramarin (KTM) dan juga menjabat Wakil Ketum Asosiasi Pengusaha Tempat Penimbunan Sementara Indonesia (Aptesindo).

Dirut DKB, La Mane mengungkapkan kerjasama dengan INLASTEK Solo sudah terjalin sejak lama atau pada sekitar tahun 2007-an, dan sempat terhenti beberapa waktu namun kini diaktifkan kembali.

“Ini merupakan sumbangsih kita dalam upaya memajukan industri perkapalan dan kemaritiman nasional. Saya berharap kerjasama INLASTEK dan DKB dapat berkesinambungan,” ujar Dirut DKB.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah RI terus menggalakkan penggunaan SDM lokal dalam berbagai sektor industri guna menumbuh kembangkan perekonomian nasional.

Inlastek Welding Institute didirikan pada tahun 1999. Inlastek Welding Institute adalah institusi swasta yang telah bertahun-tahun melakukan pelatihan dan sertifikasi personil dalam berbagai profesi pengelasan mulai dari Welder, Foremen, Supervisor, Master, Welding Teacher, Welding Inspector.

Sejalan dengan perkembangan industri dan Fabikasi struktur baja yang memerlukan kebutuhan tenaga kerja yang siap tersedia. Maka Inlastek mengkhususkan diri dalam pelatihan personil tidak hanya keterampilan tetapi juga mampu melakukan di sisi praktis atau biasa disebut dengan PBET (Production Based Education Training).

Adapun PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) adalah perusahaan galangan kapal milik Pemerintah Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 sebagai gabungan dari 4 perusahaan galangan kapal, yaitu PT Dok & Perkapalan Tanjung Priok (Persero), PT Kodja (Persero), PT Pelita Bahari (Persero) dan PT Dok & Galangan Kapal Nusantara (Persero).

PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari atau yang kerap disingkat DKB, memiliki 4 galangan kapal yang berlokasi di Jakarta yaitu Galangan I, II, III dan Galangan Paliat.

DKB juga memiliki cabang yang tersebar di Indonesia, yakni di Sabang, Batam, Palembang, Cirebon, Semarang dan Banjarmasin.

Adapun Segmen Bisnis PT DKB meliputi industri perkapalan, yaitu : Kegiatan pembangunan kapal baru (Ship Building) s/d 17.500 DWT, Kegiatan pemeliharaan dan perbaikan kapal (Ship Repair & Docking) s/d 30.000 DWT,  Kegiatan pemeliharaan dan perbaikan Sarana Lepas Pantai (Overhaul SBM,Docking Jack Up) serta Kegiatan fabrikasi dan perbaikan peralatan pendukung industry maritim (Heat Exchangers, Pressure Vessels, Steel Structure).

Selain itu, Kegiatan pemeliharaan dan perbaikan kapal disaat operasi (Sailing & Running Repair), dan kegiatan jasa-jasa pemeliharaan dan perbaikan Kapal dan Sarana Lepas Pantai atau Tank Coating & Cleaning, Non Destructive Testing, Inspection &Testing, Consultant Services.(*)

Related posts