Kemnaker Ungkap Empat Isu Ketenagakerjaan di Expo 2020 Dubai

  • Whatsapp

DUBAI-MARITIM: Di pekan ke-12 Expo 2020 Dubai, Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan semua pihak, baik pemerintah maupun swasta di dalam maupun luar negeri, untuk kemajuan bidang ketenagakerjaan Indonesia. Secara formal, Kemnaker mengungkapkan empat isu ketenagakerjaan yang terus ditangani dan disampaikan kepada dunia.

Keempat isu tersebut meliputi (1) Program dan kebijakan ketenagakerjaan yang bervisi ke depan. (2) Peran dan fungsi stakeholders pemerintah dan swasta, baik pusat dan daerah. (3) Iklim ketenagakerjaan yang ramah investasi. (4) Dukungan semua pihak terhadap penghargaan akan kesetaraan, hak asasi, dan dunia kerja yang inklusif, termasuk isu-isu lain yang berkembang di era kebangkitan pasca pandemi.

Read More

“Seluruhnya menjadi gambaran komitmen Indonesia untuk kesiapan sisi ketenagakerjaan dalam mendukung terwujudnya iklim investasi yang ramah,” ujar Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN) Kemnaker, Nora Kartika, di Dubai, Minggu (26/12/2021).

Kemnaker bersama lebih dari 23 unsur Kementerian dan Lembaga (K/L) lain dan 13 perwakilan pemerintah daerah bersama-sama menyatukan peran dan visi sebagai bagian dari delegasi Indonesia dalam expo internasional tersebut. Bersama Kementerian Keuangan, Kemnaker  hadir pada agenda pekan ke-12 Expo 2020 Dubai, berkolaborasi mengangkat tema yang bervisi ke depan yaitu ‘The Future of Indonesia Labour’.

“Kami menampilkan sisi-sisi capaian pembangunan sumber daya tenaga kerja dan ketenagakerjaan sebagai bagian penting dukungan terbaik dalam pembangunan teknologi, inovasi, dan iklim bisnis yang sehat,”  ujarnya.

Nora Kartika menjelaskan, Expo 2020 Dubai menjadi bentuk diplomasi budaya Indonesia yang memikat dunia, dengan simbol keberagaman, kedamaian dan kearifan. Untuk itu, seluruh unsur yang terlibat  dalam Expo Dubai, baik pemerintah, swasta, masyarakat, bahkan seluruh masyarakat Indonesia yang bermukim di Persatuan Emirat Arab, merupakan delegasi dan turut membawa nama baik Indonesia.

Nora menjelaskan, sesuai tema utama Expo Dubai 2020, yaitu ‘Connecting Minds Creating the Future’, misi kehadiran Indonesia di Expo 2020 Dubai, mengangkat tema ‘Land of Diversity – Folklore Performance’.  Pada agenda pekan ke-12 Expo Dubai 2020, Kemnaker menghadirkan perkembangan Indonesia dalam hal ketenagakerjaan yang bervisi ke depan, menyesuaikan reformasi birokrasi, sekaligus memperkenalkan SDM unggul Indonesia melalui forum bisnis, business meeting, dan pameran produk UMKM.

“Kita hadir bersama untuk mendukung kemajuan potensi budaya dan peluang bisnis di Indonesia yang diharapkan semakin dikenal dan menarik dunia internasional, ” katanya. (Purwanto).

Related posts