Subholding Pelindo Multi Terminal Resmi Beroperasi Di Terminal Pelabuhan Dumai

  • Whatsapp
Jajaran Tim Pekerja Pelindo Multi Terminal Cabang Dumai pada saat kegiatan Doa Bersama Go Live Operasional SPMT Dumai, 31 Desember 2021

MEDAN – MARITIM : PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) terhitung mulai tanggal 1 Januari 2022 telah resmi beroperasi di Terminal Pelabuhan Dumai, Riau. Hal tersebut ditandai dengan dimulainya operasional cargo handling perdana di terminal curah kering Pelabuhan Dumai awal tahun 2022 pada Kapal MV Alahas berbendera Panama, (1/1).

Penyambutan MV Alahas sebagai kapal perdana 2022 di Pelabuhan Dumai dipimpin langsung oleh Direktur Operasi SPMT Ridwan Sani Siregar, melalui seremoni pemberian cinderahati kepada pihak cargo owner PT Jatim Propertindo Jaya dan perwakilan kapal PT Pelayaran Cahaya Papua.

Kapal MV Alahas yang menjadi kapal perdana pelayanan oleh SPMT di Pelabuhan Dumai pada awal tahun 2022 ini memiliki panjang 110m dan bobot 8.615 GT, dan melakukan kegiatan muat komoditas Palm Kernell Shell (PKS/Cangkang) sejumlah 10.000 metrik ton yang akan diekspor ke negara Jepang.

Penyambutan Kapal Perdana di Pelabuhan Dumai oleh Pelindo Multi Terminal 1 Januari 2022

“Resmi beroperasinya PT Pelindo Multi Terminal di Pelabuhan Dumai yang merupakan pelabuhan pengekspor CPO terbesar di Indonesia ini ini merupakan hasil upaya dan kerja keras seluruh insan SPMT dan diharapkan menjadi momentum awal di tahun 2022 untuk mewujudkan SPMT sebagai Indonesian Connectivity Champion,” kata Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal, Drajat Sulistyo.

PT Pelindo Multi Terminal merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang dibentuk pada 1 Oktober 2021 lalu seiring dengan proses integrasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero). PT Pelindo Multi Terminal memfokuskan layanan kepelabuhanannya pada pengelolaan terminal non-petikemas, seperti terminal curah cair, curah kering, multipurpose, hingga terminal penumpang dan terminal kendaraan.

Sebelumnya, serangkaian kegiatan telah dijalankan oleh PT Pelindo Multi Terminal dalam rangka persiapan operasional Terminal Pelabuhan Dumai ini, mulai dari End User Training Implementasi Terminal Operating System (TOS) bagi pegawai SPMT yang digelar dari 24 hingga 30 Desember 2021, Sosialisasi kepada pengguna jasa Pelabuhan Dumai pada 29 Desember 2021, Doa Bersama dan santunan anak yatim serta Gala Dinner bersama para Stakeholder kepelabuhanan Dumai pada 30 Desember 2021, serta briefing Direksi kepada seluruh tim SPMT di Area Kerja Dumai pada 31 Desember 2021.

Di tengah pandemi Covid-19, Pelabuhan Dumai tetap mencatatkan performa positif dalam pengapalan CPO dan turunannya di Indonesia dengan angka rata-rata mencapai lebih dari 400.000 ton tiap bulannya. Jenis komoditas curah cair yang dikirim dari pelabuhan ini di antaranya adalah Crude Palm Oil (CPO) yang diekspor ke India, China, dan Eropa. Sedangkan untuk curah kering yaitu Palm Kernel Ekspeller (PKE) dan Palm Kernel Shell (PKS) banyak diekspor ke Asia Timur dan Eropa. (Humas Pelindo I/Hbb-Mrtm)

Related posts