Menaker Sambut Baik Pengalihan BLK Tanah Bumbu Jadi BLK UPTP Kemnaker

  • Whatsapp
Menaker saat menerima Bupati Tanah Bumbu, Kalsel.

JAKARTA-MARITIM: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyambut baik keinginan Pemerintah Daerah Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, yang ingin mengalihkan Balai Latihan Kerja (BLK) UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Tanah Bumbu untuk dikelola dan dikembangkan menjadi BLK UPTP (Unit Pelaksana Teknis Pusat) Kemnaker.

“Saya menyambut baik pengalihan BLK UPTD Tanah Bumbu menjadi BLK UPTP Kemnaker. Untuk itu saya akan kirimkan tim dari Kemnaker ke Tanah Bumbu melihat segala yang dibutuhkan,” kata Menaker Ida Fauziyah ketika menerima audiensi Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, di Jakarta, Senin (25/7/2022).

Read More

Menaker mengatakan, mekanisme pengalihan status BLK UPTD menjadi BLK UPTP dilakukan melalui berbagai tahapan verifikasi, berupa peninjauan lapangan bersama tim teknis dari Kementerian Dalam Negeri, Kemnaker, dan Perwakilan Pemda.

“Hasil verifikasi tersebut akan digunakan sebagai dasar keputusan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) atas penyerahan BLK UPTD Tanah Bumbu kepada Kemnaker yang kemudian dibuatkan Berita Acara Penyerahan (BAP) personil, peralatan, pembiayaan dan dokumen (P3D),” ucap Menaker.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar mengatakan, Kabupaten Tanah Bumbu sangat memerlukan BLK yang memiliki standar nasional, karena letak Tanah Bumbu memiliki posisi sebagai penyangga IKN (Ibu Kota Nusantara), banyak industri baru akan dibangun dan sangat membutuhkan tenaga kerja.

“Jika ada BLK diharapkan dapat mengatasi masalah ketenagakerjaan di Tanah Bumbu,” ucap Zairullah. (Purwanto).

Related posts